tips memotret dengan handphone ala ongis travel

Photography

 

Ngetrip nggak lengkap kalau kita nggak jeprat-jepret. Untuk sebagian orang yang punya budget lebih, atau pasti masuk check list barang yang harus dibawa ketika traveling. Namun bagi travelers yang budgetnya pas-pasan, handphone adalah alternative terbaik.

Yuk langsung aja simak 10 trik memotret menggunakan handphone ala Ongis Travel supaya moment ngetrip kalian terabadikan dengan keren.

1. Perhatikan Cahaya

Masalah yang sering mucul ketika mengambil foto di dalam ruangan adalah cahaya yang minim. Cahaya yang tepat bisa menghasilkan foto makanan jadi terlihat lebih lezat, ekspresi wajah yang bagus, dan environtment yang lebih friendly. Cobalah untuk memanfaatkan sebaik mungkin sumber cahaya alami seperti dari matahari, lampu neon atau lampu jalan.

Lampu flash pada kamera handphone juga bisa membantu menghasilkan foto lebih bagus ketika subjek fotografi dalam cahaya rendah. Akan tetapi, untuk beberapa orang, penggunaan flash ini kurang disukai karena akan mengurangi kadar kealamian suatu foto. Letak flash yang dekat dengan sensor pun membuat sensor tidak bekerja dengan maksimal.

Flash pada kamera handphone bisa berfungsi dengan baik ketika diterapkan pada cahaya yang benar-benar rendah. Caranya adalah dengan menggunakan flash disertai peningkatan tingkat ISO dan eksposure. Jika ingin cara yang lebih mudah lagi, sobat Ongis bisa download aplikasi foto yang ada fitur mode malam yang bisa kalian manfaatkan.

Pada dasarnya, memotret dengan kamera handphone ilmunya juga sama dengan ilmu fotografi pada umumnya, yaitu hindari melawan arah cahaya saat pengambilan gambar kecuali jika sobat Ongis ingin menghasilkan efek siluet pada objek yang dimbil.

2. Jangan menggunakan zoom

Jangan malas mendekat pada objek yang mau difoto, guys. Kalau kalian pake dslr sih nggak apa-apa, tapi kalau kalian cuman punya kamera handphone mending jangan menggunakan zoom. Penggunaan zoom pada kamera handphone akan membuat hasil foto pecah karena pada kamera handphone pada umumnya tidak memiliki optic zoom seperti halnya kamera dslr yang akan memangkas resolusi foto. Jadi males kan kalau hasil fotonya kasar dan jelek.

3. Memahami komp0sisi dengan baik

Komposisi yang baik pada suatu foto akan menghasilkan foto yang kece badai. Untuk mendapatkannya, kalian harus memahami beberapa ilmu komposisi dasar; rule of third garis bantu, framing, angle of view, dan lainnya. Kalau udah nguasain teknik komposisi barulah kalian perhatiin aspek lain seperti pencahayaan. Sebenarnya masih panjang penjelasannya, guys. Jadi coba kalian kunjungin situs WebKeren.Net yang bikin postingan khusus terkait komposisi.

4. Memotret dari sudut yang tidak biasa

Foto yang diambil dari sudut yang biasa juga akan meghasilkan foto yang biasa-biasa saja. Coba kalian ubah gaya memotret kalian, missal jongkok atau sambil tiduran atau posisi yang lebih rendah dari objek foto. Pasti deh, hasilnya akan jauh lebih berbeda dari biasanya.

5. Pahami waktu jeda shutter

Memahami waktu jeda shutter pada kamera handphone adalah hal yang paling penting ketika kalian ingin memotret objek yang bergerak karena kamera handphone biasanya memiliki shutter lag. Shutter lag adalah waktu jeda pada saat kalian memencet dan saat kamera handphone mulai mengambil foto. shutter lag pada kamera handphone terbilang lumayan lelet dan tidak seperti dslr yang bisa secepat kilat mengambil objek foto.

6. Pilih dan gunakan aplikasi edit foto yang keren

Untuk menunjang hasil foto yang keren, tidak ada salahnya jika kalian menggunakan aplikasi edit foto yang bisa kalian download di app store. Salah satu editor foto yang Ongis Travel rekomin adalah Picsart. Picsart adalah aplikasi editor foto yang memilii peralatan gambar yang lengkap dan juga dilengkapi dengan teks percakapan yang unik dan lucu-lucu.

7. Mode Panorama

Mode Panorama atau yang lebih dikenal panodash sudah bisa dijumpai pada kamera handphone saat ini yang justru jarang dijumpai pada kamera dslr ataupun kamera pocket. Mode panorama ini adalah mode terbaik untuk mengambil foto landscape.

8. Mode HDR

Jika sobat Ongis punya tangan yang bagus, mulus, kinclong,,, eh lhoh ?*krik *krik *krikโ€ฆ
Jangan serius-serius heheheโ€ฆ

Yup, buat kalian yang punya tangan stabil untuk mengambil foto pada benda diam, maka kalian bisa gunain mode HDR untuk mendapatkan pencahayaan dan bayangan yang merata. Mode HDR sangan berguna pada gambar dengan kontras yang tinggi dan banyak potongan-pottongan yang sangat terang atau gelap. Just for advice, jangan menggunakan mode HDR jika objek yang kalian foto bergerak atau pada cahaya yang gelap.

9. Alami Lebih Cantik

Hayoo siapa yang suka pakai filter di kamera smartphonenya? Sometime, filter memang menghasilkan foto yang lebih bagus. Akan tetapi terlalu banyak filter apalagi setelah menggunakan filter masih di edit sana sini malah akan menghasilkan foto yang kurang alami. Di dunia jurnalistik aja penggunaan filter pada fotografi malah dipandang sebelah mata karena membuat keaslian dari foto tersebut dipertanyakan. Selain itu, menggunakan filter pada saat pengambilan foto akan mengurangi variasi foto pas mau diedit lagi. Akan tetapi jika hanya menggunakan filter-filter yang kasual seperti retro, black and white, atau filter hipster lainnya sih masih dibilang lazim karena bisa menambah karakter pada foto yang ingin di upload.

10. High Resolution

Pilihlah resolusi tertinggi pada kamera handphone kalian. Semakin tinggi resolusi kamera handphone kalian, semakin bagus juga hasil foto yang akan kalian dapatkan.

Nah itulah 10 Memotret Menggunakan Handphone Ala Ongis Travel. Jika anda berencana untuk wisata Malang, Ongis Travel adalah travel wisata terbaik di Malang terpercaya dan handal. Tahun ini baru saja mendapat penghargaan Travel Terbaik di Malang versi Hotel Amaris Malang ๐Ÿ™‚