10 Wisata Kuliner Melegenda Di Malang & Batu

Malang dan Batu bukan hanya terkenal dengan wahana dan wisata alamnya yang keren, di kota ini kita juga bisa menikmati beragam wisata kuliner yang siap membuat lidah kita bergoyang. Berikut ini 10 wisata kuliner melegenda di Malang dan di Batu beserta alamat, jam buka, dan harganya.

1. 1977

wisata kuliner legenda di malang bakso president

Malang terkenal dengan kuliner baksonya. Hampir di setiap sudut kota Malang dan Batu, kita akan menemui penjual bakso. Salah satu bakso yang melegenda di Malang adalah Bakso President. Bakso President dirintis oleh Abah Sugito yang mengawali usahanya sebagai penjual bakso keliling. Dinamakan Bakso President karena lokasinya di belakang Bioskop President.

Selain rasanya yang sudah terkenal mak nyus, lokasi Bakso President juga tidak kalah menarik. Yang menjadikannya menarik adalah letaknya yang bersebelahan dengan rel kereta api. Wah, seru banget pastinya makan di pinggir rel kereta api.
Harga yang ditawarkan pun dijamin bersahabat banget sam kantong kita. Selain bakso, kita juga bias membeli oleh-oleh khas Malang seperti kripik bakso yang krispi dan yummi.

Lokasi : Jl. Batanghari No. 05 Malang
Harga : Rp. 10.000 – Rp. 20.000
Jam Operasional : 08.00 – 21.30 WIB

2. Pecel Kawi 1975

wisata kuliner legenda di malang pecel kawi

Pecel kawi merupakan salah satu kuliner di Malang yang murah meriah dan legendaris. Cita rasa khas Pecel Kawi ini diwariskan secara turun temurun. Bumbu pecelnya yang gurih bakalan membuat traveller ketagihan sama kuliner satu ini.

Lokasi : Jl. Kawi Atas No. 43B/46
Harga : Rp. 8.000
Jam Operasional : 05.30 – 21.00 WIB

3. Bakso & 1935

wisata kuliner legenda di malang soto geprak mba djo

Bakso dan Soto Geprak Mbah Djo mulai dikenalkan oleh Mbah Djo pada tahun 1935. Dua menu legendaris ini menggunakan cara dan pengolahan resep rahasia ala Mbah Djo. Serat daging Bakso Mbah Djo bisa terpisah sendiri dengan cara menggeprak dan menumbuk dagingnya hingga halus. Warung Mbah Djo tidak hanya menyediakan bakso dan soto, disini kita juga bias menimati sajian kuliner lainnya seperti pecel deplok, bebek goring geprak, ayam goreng geprak, dan nasi kepala bebek.

Lokasi : Jl. Letdjen S.Parman 77-79 Malang
Harga : Rp. 7.000 – Rp. 20.000
Jam Operasional : 08.00 – 18.00 WIB

4. 1930

wisata kuliner legenda di malang toko oen

Toko Oen bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan local. Tourist mancanegara pun yang sedang traveling di Malang juga mengenalnya. Cita rasa es krimnya seperti Tutti Fruity Cassata yang terbuat dari buah-buahan, Sparkling Delight yang disajikan dengan kembang api menyala, hingga es krim cita rasa kopi atau Morkus.
Es krim di Toko Oen terkenal dengan rasa lembut yang membuat meleleh di setiap mulut penikmatnya dikarenakan home made ice cream. Es krim Toko Oen juga termasuk dalam daftar es krim terenak dan legendaris di Indonesia. So, jangan sampai lupa mengunjungi wisata kuliner yang satu ini. Dijamin nyesel, euy.

Lokasi : Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Klojen, Malang
Harga : 20K – 50K
Jam Operasional : 08.00 – 21.30 WIB

5. Depot Hok Lay 1946

wisata kuliner legenda di malang depot hoklay

Lumpia bukan hanya terkenal di Semarang. Di Malang pun kita bisa menemukan menu makanan ini. Langsung saja merapat ke Depot Hok Lay yang sudah melegenda rasa lumpianya yang top markotop. Depot Hok Lay sudah dikenal sejak tahun 1946. Selain sajian lumpia khas Semarang, Depot Hok Lay juga menyajikan minuman yang juga menjadi ikon Depot Hok Lay, yaitu Fosco. Minuman ini terbuat dari coklat dan susu murni yang disajikan dalam kondisi dingin. Hmm enak dan segar banget pastinya. Lucunya lagi, Fosco dikemas dalam botol kaca seperti botol bekas coca cola.
Selain sajian lumpia dan Fosconya yang melegenda, Depot Hok Lay juga terlihat vintage dengan perabotan-perabotan kunonya. Uniknya lagi, jam operasional di Depot Hok Lay tidak tentu. Pemiliknya akan menutup tokonya pada siang hari dan kembali buka pada sore hari.

Lokasi : Jl. KH. Ahmad Dahlan Malang
Harga : Mulai dari 20K
Jam Operasional : 09.30 – 13.30 & 17.00 – 20.30 WIB

6. 1953

wisata kuliner legenda di malang rumah makan cairo

Tempat kuliner satu ini menyajikan menu khas Timur Tengah. Rumah makan Cairo berdiri sejak tahun 1953 yang terkenal dengan daging kambing sebagai bahan utama untuk sajian menunya. Yang paling popular adalah sate kambingnya yang membuat pelncong dari berbagai kota tak segan mampir untuk merasakan menu kuliner satu ini. Selain itu, potongan daging kambing yang lumayan gede, tekstur lembut, dan tidak ada bau kambing bikin kita tambah ngiler ngebayanginnnya. Apalagi disini kita juga bisa memesan susu kambing etawa yang konon baik untuk kesehatan. Wah, cocok deh buat mengisi perut kosong di siang bolong.

Lokasi : Jl. Kapten Tendean Malang
Harga : 4K – 40K
Jam Operasional : 08.00 – 22.00 WIB

7. Putu Lanang Celaket

wisata kuliner legenda di malang putu lanang celaket

Buat traveler yang suka jalan-jalan sore menjelang malam, coba deh mampir ke Putu Lanang Celaket. Disana kita bisa menikmati jajanan pasar tradisional khas Indonesia seperti cenil, lupis, putu, dan sejenisnya. Putu Lanang Celaket adalah salah satu kuliner tertua yang mulai dikenal pada tahun 1935.

Lokasi : Jl. Jaksa Agung Suprapto Malang
Harga : Pas Dikantong
Jam Operasional : 17.00 – 22.00 WIB

8. 1950

wisata kuliner legenda di malang bakpao boldy

Bakpao Boldy mulai dikenal pada tahun 1950. Namanya diambil dari nama Jl Boldy yang sekarang sudah berganti dengan Jl. Mangun Sarkoro. Perpaduan alami dari bahan-bahan yang terdapat di dalam Bakpao Boldy membuat Bakpao ini terkenal hingga saat ini.

Lokasi : Jl. Mangun Sarkoro Malang No. 25 Malang
Phone : 0341 – 364020
Harga : 9K

9. Pos Ketan Legenda 1967

wisata kuliner legenda di malang pos ketan batu

Jalan-jalan malam ke Batu tidak lengkap kalo belum mampir Pos Ketan Legenda 1967. Kuliner Malang satu ini menyajikan ketan sebagai menu utamanya. Pos Ketan Legenda sudah dikenal sejak tahun 1967 yang lokasinya ada di sebelah barat Alun-Alun Batu.
Variasi menu ketan seperti ketan bubuk, ketan susu keju, ketan kacang, ketan kicir, ketan meses, dan ketan campur dipastikan akan membuat traveler semakin betah menikmati malam di Kota Batu. Selain ketan, Pos Ketan Legenda juga menyajikan beragam minuman hangat seperti teh, kopi, josua, jahe, sogem, STMJ, susu murni, dll.

Lokasi : Jl. KH. Agus Salim, Junrejo, Batu
Harga : 5K – 10K
Jam Operasional : 15.00 – 03.00 WIB

10. Rujak Cingur Bude Ruk 1960

wisata kuliner legenda di malang rujak cingur bude ruk

Buat yang suka rujak, Rujak Cingur Bude Ruk 1960 patut dicoba. Rujak Cingur Bude Ruk adalah salah satu warung rujak cingur tertua di Kepanjen Malang. Meskipun di papannya Rujak Cingur Bude Ruk tertulis sejak tahun 1960, akan tetapi masyarakat setempat sudah mengenal Rujak Cingur Bude Ruk sejak tahun 1950an. Saking terkenalnya, gang yang jadi letak warung Rujak Cingur Bude Ruk ini dinamakan Gang Rujak. So, don’t forget to visit Rujak Cingur Bude Ruk, guys.

Lokasi : Jl. Suruji No. 17 Kepanjen, Malang

Itulah ulasan mengenai 10 wisata kuliner melegenda di Malang & Batu. Bagi anda yang berencana liburan di Malang, Ongis Travel adalah travel agent online dengan website www.ongistravel.com, adalah travel agent terbaik di Malang yang siap mengantarkan anda di tempat-tempat makan tersebut, mencicipi kuliner legendaris di Malang.