Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati kesejukan dan keindahan kota Malang. Kalau mau mengikuti anak-anak zaman sekarang, tak ada cara yang lebih kekinian daripada nongkrong di atau yang arsitektur dan penataannya begitu instagramable. Apalagi kalau kafe atau resto tersebut punya area outdoor, pasti akan lebih bagus untuk dibuat mengambil berbagai foto. Untung saja kamu tidak akan susah menemukannya karena Malang punya segudang pilihan kafe dan resto outdoor untuk tempat kamu nongkrong. Lokasi mereka yang strategis juga mungkin tidak jauh jaraknya dari hotel tempat kamu menginap di Malang.

Taman Indie River View Resto

Sebetulnya tempat makan satu ini lebih tepat disebut sebagai restoran, tapi susah untuk tidak menyertakan Taman Indie ke dalam daftar ini karena area outdoor di sini benar-benar memiliki nuansa kafe yang menyenangkan. Taman Indie terletak persis di tepi Sungai Bango, lengkap dengan pemandangan hamparan sawah dan hutan yang lebat. Jadi bisa kamu bayangkan betapa syahdunya suasana yang akan didapatkan kalau kamu makan di sini, kan? Selain itu, Taman Indie juga mengusung konsep vintage dan antik sehingga begitu memasuki restoran ini, kamu akan langsung merasa dilempar ke masa lalu. Taman Indie berlokasi di Jalan Lawang Sewu Golf No. 2018, Kota Araya, Malang.

BataPuti Coffeehouse

Nah, masih satu komplek dengan Taman Indie River View Resto, ada pula BataPuti Coffeehouse yang bangunannya justru bernuansa modern, berbanding terbalik dari Taman Indie yang mengusung konsep vintage. Lokasinya yang sama dengan Taman Indie membuat BataPuti Coffeehouse juga menyuguhkan pandangan bantaran sungai dan pohon-pohon yang mengelilinginya. Suasananya benar-benar tenang ditambah dengan hawanya yang menyejukkan. Kamu pasti akan betah menghabiskan waktu untuk nongkrong di BataPuti Coffeehouse dengan teman-teman kamu.

Madam Wang Secret Garden

Kalau berkunjung ke sini, kamu pasti secara otomatis ingin berkeliling melihat-lihat area kafe daripada langsung memilih tempat duduk. Dari area pintu masuk saja, kamu sudah disambut dengan interior dan perabotan yang membuatmu ingin cepat-cepat mengambil ponsel agar bisa selfie. Baik area indoor dan outdoor-nya memiliki desain yang unik, jadi kamu pasti akan merasa oke-oke saja duduk di mana pun. Tidak hanya kafe, Madam Wang Secret Garden juga memiliki sebuah butik kecil yang menjual aneka koleksi kain dan benang untuk kamu yang hobi menjahit atau menyulam. Kafe ini terletak di Jalan Telomoyo No. 12.

Skyroom at Best Western OJ Hotel

Resto satu ini terletak di dalam Best Western OJ Hotel, Jalan Dr. Cipto No. 11. Terletak di area rooftop lantai dua belas, Skyroom menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Kota Malang dari ketinggian. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Skyroom adalah saat menjelang senja atau malam hari agar kamu bisa menyaksikan indahnya gemerlap lampu kota. Menu makanannya pun cukup beragam, mulai dari masakan Indonesia sampai dua puluh varian dim sum. Skyroom juga cocok menjadi tempat untuk dikunjungi bersama pasangan karena suasananya yang romantis.

The Clubhouse Restaurant & lounge

Sama seperti Skyroom, The Clubhouse Restaurant & Lounge pun terletak di dalam hotel, yakni Jambuluwuk Resort Batu. Area outdoor di sini menawarkan pemandangan yang istimewa, baik saat pagi atau malam hari. Tapi sebaiknya kamu datang ke The Clubhouse menjelang senja agar bisa menyaksikan pemandangan sunset yang benar-benar memanjakan mata. Khusus bagi yang membawa pasangan, The Clubhouse telah menyediakan paket romantic dinner untuk kamu.

Café Bukit Delight

Kafe satu ini masih terbilang belia karena baru dibuka secara resmi pada bulan Oktober 2016 lalu. Meski begitu, Café Bukit Delight ini sepertinya tak pernah sepi pengunjung. Tidak mengherankan karena Café Bukit Delight mampu menawarkan suasana tempat nongkrong yang cozy dengan pemandangan khas pegunungan yang tak pernah membuat bosan. Ditambah dengan harga makanan dan minuman yang relatif terjangkau, pantas saja kalau kursi dan meja di Café Bulit Delight hampir selalu terisi. Hal lain yang membuat kafe ini begitu digemari adalah adanya deretan kerlip lampu yang memayungi area outdoor. Café Bukit Delight terletak di Jalan Raya Joyoagung No. 1.

Setiap kafe dan resto tersebut menawarkan tema yang berbeda, jadi tak ada salahnya bagi kamu untuk mengunjunginya satu per satu. Bagi yang tidak tinggal di Malang, kamu bisa kok menginap di salah satu hotel di Malang. Tinggal buka situs atau aplikasi Traveloka, lalu pilih hotel yang kamu inginkan. Harga yang tercantum merupakan harga pasti, jadi kamu tak perlu mengeluarkan uang tambahan.