Malang adalah salah satu destinasi wisata yang terbaik di Indonesia. Terbukti dengan semakin melonjaknya kunjungan wisatawan tiap  tahunnya. Hal tersebut sejalan dengan tujuan pemerintah kota Malang yang memang sedang menggembor-gemborkan pembenahan fasilitas-fasilitas umum agar bisa dinikmati oleh warganya. Beberapa fasilitas umum yang menjadi fokus pemerintah kota Malang adalah tempat wisata murah bahkan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Nah, berikut kami akan memberikan daftar tempat wisata Malang yang free alias gratis tidak dipungut biaya tiket masuk. Apa saja itu, berikut adalah penjelasannya:

1. Alun-alun Malang

Alun-alun Malang adalah salah satu tempat wisata di Malang yang dulunya dianggap tempat wisata yang kurang menarik karena begitu kotor dan tidak terawat dengan baik. Namun, sekarang alun-alun Malang berubah drastis dan menjadi destinasi wisata Malang yang tidak pernah sepi pengunjung tiap harinya. Alun-alun Malang sekarang tampak lebih bersih, tertata, dan tidak ada penjual kaki lima yang berkeliaran di sekitar alun-alun. Rumput taman baru, air mancur baru, ada juga tempat-tempat duduk dan tulisan Alun-alun Malang yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung. Ditambah alun-alun Malang tidak dipungut biaya tiket masuk alias free. Anda cukup membayar parkir saja. Alun-alun Malang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan sanak saudara.

2. Alun-Alun Tugu Malang

Malang juga merupakan tempat wisata Malang yang gratis. menjadi destinasi kedua wisata kekinian di Malang yang juga tak kalah banyak pengunjung nya. Wisata Malang yang satu ini menjadi icon kota Malang, terletak di depan balai kota Malang dan sangat dekat dengan stasiun kota Malang. Tempat ini selain untuk wisata, juga sering digunakan untuk pusat kegiatan acara-acara besar di Kota Malang. Seperti perayaan tahun baru, ulang tahun kota Malang, jalan sehat dan lain-lain. Taman bunga yang indah dipadu dengan gemerlap lampu warna-warni yang nyala ketika malam hari menambah kecantikan taman di ini.

3. Malang

Ijen Boulevard sebenarnya adalah nama salah satu jalan di Kota Malang. Lokasinya berada di pusat kota. Sepanjang jalan ini terdapat taman ditengah-tengahnya. Jalan Ijen Boulevard membentang kira-kira 500meter. Di sepanjang pinggir jalan ini terdapat bangunan-bangunan tua peninggalan belanda yang masih eksis sampai sekarang. Ijen Boulevard juga termasuk cagar budaya yang dilestarikan. Di sepanjang jalan Ijen tidak boleh ada bangunan selain bangunan asli. Maka dari  itu, di Jalan Ijen terlihat sangat bersih dan masih asri dengan pepohonan yang rimbun. Di taman Ijen Boulevard ini juga sering dijadikan spot foto yang cantik oleh pengunjung. Di taman ini sudah disediakan fasilitas kursi dan lampu yang menambah cantik taman di tengah jalan ini. Tenang saja tidak ada tiket masuk untuk menikmati keindahan jalan Ijen Boulevard ini karena memang sebagai hanya sekedar jalan besar di tengah kota.

4. Taman Slamet Malang

tergolong masih baru dibangun di kota Malang. Juga berada di tengah kota Malang. Taman ini menawarkan konsep taman modern. Bangunan-bangunan di taman juga terlihat modern dan futuristik. Walaupun tidak terlalu luas, taman ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Banyak pohon yang rimbun disekitar taman menjadikan taman ini memiliki udara yang sejuk jauh dari udara kotor layaknya udara di pusat kota-kota besar. Taman ini menjadi alternatif liburan untuk keluarga yang tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Dan satu lagi keuntungan wisata di ini, yaitu tidak dipungut biaya apapun atau gratis alias free.

5.

Seperti kita ketahui kunang-kunang adalah hewan yang mengeluarkan cahaya kuning di malam hari. Indah dan tampak kelip-kelip. Filosofi kunang-kunang menjadi salah satu sejarah penamaan taman kunang-kunang ini. Taman ini tampak cantik ketika malam hari. Karena banyak lampu kuning yang menyala di tengah-tengah taman. Taman ini sengaja dibuat untuk lokasi bersantai sambil duduk-duduk menikmati keramaian kota. Anda juga bisa mengabadikan foto di sini, banyak spot bagus yang bisa anda manfaatkan untuk berfoto bersama teman atau keluarga. Tidak ada tiket masuk di wisata taman Kunang-Kunang Malang ini. Hanya parkir yang harus anda bayar kepada petugas parkir. Wisata Malang gratis namun masih ngehits dan kekinian tentunya.

6. Taman Hutan

Ada hutan di tengah kota Malang! Ya, hutan Malabar namanya, satu-satunya hutan di tengah kota Malang yang sampai saat ini masih ada. Dulu sebelum ada revitalisasi, hutan Malabar terkesan sangat kumuh, menyeramkan, kotor yang menjadikan orang malas untuk mengunjungi tempat wisata gratis ini. Setelah pada tahun 2016 tepatnya tanggal 4 bulan April, hutan kota ini direvitalisasi oleh perusahaan PT Amerta Indah Otsuka yang memberikan dana CSR nya untuk permbaharuan dan penambahan fasilitas hutan kota ini. Sejalan dengan pemerintah kota Malang yang sangat mendukung, pembangunan pun segera dikerjakan. Dan pada akhirnya hutan kota yang dulunya tidak menarik dikunjungi, sekarang menjadi hutan kota yang di dalamnya ada taman yang cukup tertata, bersih, dan fasilitasnya lengkap. Taman Hutan Kota Malabar rekomended untuk dikunjungi bagi anda yang ingin merasakan sensasi hutan di tengah kota.

7. Kampung Warna-warni

Kampung Warna-warni Jodipan adalah sebuah perkampungan padat penduduk yang terletak di pinggiran sungai Brantas Malang yang dahulu terlihat kumuh dan kotor. Namun, sekarang telah berbubah total. Kampung Jodipan menjadi kampung yang bersih indah dan berwana-warni. Ada sebuah perusahaan cat di Malang yang bekerja sama dengan kampus swasta dan pemerintah kota Malang, menyulap kampung Jodipan dari kampung kumuh menjadi kampung yang indah dan bersih. Kampung Warna-warni Jodipan sekarang orang menyebutnya. Kampung ini menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan hanya untuk sekedar foto-foto di lingkungan sekitar kampung tersebut. Karena di dalam kampung Jodipan ada banyak spot foto seperti lukisan 3 dimensi yang sangat unik dan menarik. Warga Jodipan pun juga senang melihat kampungnya ramai pengunjung dan tampak bersih, kewaijban warga adalah menjaga agar kampung Jodipan tetap bersih selamanya.

Itulah penjelasan beberapa wisata Malang yang Gratis alias free yang mungkin bisa anda jadikan destinasi ketika berkunjung ke Malang.