Berlibur ke Malang memang tidak ada bosannya. Selain berbagai wisata buatan yang selalu baru, juga kulinernya yang enak-enak, alam dari Kota Apel ini indahnya memang melegenda. Luangkan waktu untuk menjelajah satu per satu air terjun cantik di yang ada di Malang dan sekitarnya. Saking indahnya, nggak cukup dikunjungi hanya sekali. Ini dia deretan air terjun di Malang yang bikin kamu ogah pulang. Sudah siap?

1. Coban Tundo

Coban Tundo

Coban Tundo [source]

 

Coban Tundo merupakan air terjun yang ada di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk bisa sampai di sini akan dibutuhkan usaha yang sangat keras. Jalanannya cukup jauh, sedangkan kendaraan roda empat tidak bisa parkir di dekat air terjun. Kamu masih perlu naik ojek melewati jalan setapak selama kurang lebih satu jam. Melelahkan memang, keindahan yang disuguhkan saat Coban Tundo ada di depan mata akan langsung menghilangkan lelahmu. Serunya lagi, ada dua air terjun lainnya yang lokasinya berdekatan dengan Coban Tundo. Sekali jalan, bisa menyaksikan banyak lukisan alam, nih.

Coban Tundo, Malang

Coban Tundo, Malang [source]

2. Tumpak Sewu

Tumpak Sewu, Malang

Tumpak Sewu, Malang [source]

 

Akan sangat disayangkan jika tak menyempatkan diri berkunjung ke Tumpak Sewu saat berkunjung ke Malang. Tumpak Sewu merupakan air terjun besar dan super indah yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang. Namanya ‘sewu’ yang berarti seribu dalam Bahasa Jawa diambil karena banyaknya air terjun yang mengalir dari Sungai Glidih. Alirannya berjajar menyerupai tirai raksasa yang sangat cantik. Ini merupakan salah satu air terjun paling indah di Pulau Jawa, bahkan Indonesia. Tumpak Sewu juga disebut-sebut sebagai Niagara-nya nusantara. Diperlukan sedikit treking, yaitu 400 meteran dari tempat parkir dnegan berjalan kaki untuk sampai di air terjun.

Tumpak Sewu

Tumpak Sewu [source]

3. Coban Jodo

Coban Jodo

Coban Jodo [source]

 

Jika ingin menikmati wisata alam yang masih asri, Coban Jodo adalah salah satunya. Air terjun ini belum lama dibuka dan tak banyak yang tahu tentang keberadaannya. Karenanya, akses menuju Coban Jodo juga masih berupa jalan setapak. Maka, tak perlu diragukan lagi kealamian dari air terjun yang berlokasi di Dusun¬†Bendolawang, Desa Ngadirejo Kec. Jabung, Kabupaten Malang. Di dekat Coban Jodo ini ada air terjun lainnya. Karena itu air terjun ini diberi nama ‘Jodo’ atau sejoli karena berpasangan. Wisata ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai tantangan. Ada beberapa air terjun lainnya di sekitar yang sayang juga untuk dilewatkan.

Coban Jodo, Malang

Coban Jodo, Malang [source]

4. Coban Baung

Coban Baung Malang

Coban Baung Malang [source]

 

Satu lagi air terjun yang masih alami dan sedikit sentuhan manusia, yaitu Coban Baung. Lokasinya berada di Desa Gendogo, Balesari, Gunung Kawi, kecamatan Ngajum, kabupaten Malang. Kawasan milik Perhutani ini memang belum banyak dikunjungi wisatawan. Akses menuju Coban Baung juga belum bagus dan membutuhkan banyak perjuangan untuk bisa sampai di tujuan.  Sepanjang perjalanan treking menuju lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Akan sangat melelahkan memang, namun keindahan alami dari air terjun satu ini sanggup membayar semua lelahmu. Mengingat jalanannya masih belum mulus, hindari berkunjung di musim hujan, ya.

Coban Baung

Coban Baung [source]

 

Jadi tahu kan air terjun apa saja yang masih alami dan cantiknya bikin malas pulang? Agar tidak salah jalan, serahkan jadwal perjalananmu saat liburan ke Malang pada agen travel kepercayaan, seperti Ongis Travel. Semuanya praktis dan pasti memuaskan. Setuju, kan?