ialah salah satu dari beberapa objek wisata yang berlokasi di Kota Batu Malang. Jatim Park 1 Malang berdiri sejak tahun 2000. Jatim Park 1 sudah menjadi objek wisata di Malang pada saat itu yang menjadi daya tarik wisatawan domestik khususnya di Jawa Timur. Jawa Timur Park 1 adalah wisata wahana permainan yang mengadopsi objek wisata di Jakarta yaitu Dunia Fantasi (Dufan). Target pengunjung jelas adalah anak-anak sekolah. Di saat masuk liburan sekolah, Jatim Park 1 selalu ramai oleh pengunjung, terutama anak-anak sekolah. Selain berisi arena bermain anak, namun sekarang pihak manajemen Jatim Park group menambahnya dengan beberapa wahana baru yang bertemakan tentang edukasi. Wahana edukasi meliputi ilmu-ilmu pengetahuan alam, iptek, dan masih banyak ilmu pengetahuan yang lain yang berguna untuk media bermain sambil belajar anak-anak.

Selain itu, di dalam Jatim Park 1 juga terdapat wahana belajar budaya dan adat istiadat suku-suku dari seluruh Indonesia. Ada rumah adat, pakaian adat, dan alat-alat adat dari suku-suku di Indonesia. Pertama kali masuk Jatim Park 1 kita akan ditunjukkan dengan seluk-beluk tentang Indonesia. Ragam adat dan budaya seluruh Indonesia bisa kita lihat di dalam Jatim Park 1. Setelah selesai belajar tentang budaya dan adat nusantara, selanjutnya kita akan belajar tentang ilmu pengetahuan alam dan iptek. Di sana ada beberapa alat yang dapat kita coba untuk belajar ilmu pengetahuan alam dan iptek. Sangat bermanfaat sekali bagi anak-anak sekolah.
Setelah selesai mengunjungi wahana belajar ilmu pengetahuan alam dan iptek, selanjutnya kita akan masuk ke wahana bermain anak-anak. Ada terdapat banyak sekali wahana bermain yang bisa kita coba. Mulai yang biasa hingga yang bisa memacu adrenalin kita jika mencobanya. Wahana di Jatim Park 1 Malang antara lain Ghost Mansion Columbus, Mini Train, Lazer Bumper Car, Flying Tornado, Spinning Coaster, Volcano Coaster dan masih banyak lagi.

Dan untuk tiket masuk Jatim Park 1 untuk tahun 2016 ini, antara lain sebagai berikut:
Jatim Park 1 buka dari jam 08.30-16.00.
Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 tahun 2016:
Senin-Kamis: Rp 60.000,-
Jumat-Minggu: Rp 80.000,-

Bagi anda yang bertempat tinggal di luar Jawa Timur, seperti Jakarta, Bandung, kota-kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah, Jogjakarta wajib rasanya untuk mencoba wisata wahana edukasi dan bermain yang satu ini.