Kota Malang menyimpan kekayaan alam yang luar biasa dan memiliki sejarah yang sangat panjang sejak zaman kerajaan hindu budha. Jika anda berkunjung ke kota Malang tentu anda akan menjumpai bangunan-bangunan bersejarah seperti candi-candi dan rumah-rumah klasik bergaya Belanda. Idjen Boulevard merupakan nama jalan di Malang yang begitu terkenal, dikarenakan sepanjang jalan tersebut banyak sekali rumah-rumah bergaya klasik peninggalan zaman Belanda. Kanan kiri juga masih beridiri kokoh pohon-pohon besar yang hijau menambah kesejukan ketika melintas di jalan ini.

Nah, pada artikel kali ini kami tidak akan membahas Idjen Boulevard. Tapi adalah sebuah kampung kecil di tengah padatnya pembagunan-pembangunan di kota Malang. Nama kampung tersebut adalah Kampung Heritage Kayoetangan. Kampung ini sejatinya hanyalah kampung biasa layaknya kampung-kampung lain. Namun ada hal yang membuat kampung ini berbeda dengan kampung lainnya. Apa sih yang membuat kampung heritage Kayoetangan ini berbeda? Ternyata di kampung ini, masih tersimpan beberapa rumah-rumah warganya yang dibangun sebelum abad 19, wow..!! Ada sekitar 10 rumah atau bahkan lebih, yang berdiri pada zaman penjajahan Belanda, arsitekturnya juga merupakan arsitektur khas Eropa.

Di kampung heritage Kayoetangan, terdapat beberapa spot foto di mana rumah warga disulap dijadikan rumah koleksi barang-barang jama dulu banget. Di sana terdapat radio, televisi, motor, hingga piringan hitam yang masih berfungsi dengan baik. Di rumah tersebut juga di desain sebagaimana rumah jaman dulu yang juga bisa dijadikan spot foto bagi para pengunjung. Masuk ke dalam kampung lagi, anda akan menemukan peta lokasi kampung heritage yang akan memandu anda dalam menyusuri kampung heritage ini. Di kanan kiri anda akan melihat bangunan-bangunan rumah klasik yang masih dihuni oleh warga anak cucu keturunan dari yang punya rumah tersebut. Anda juga bisa masuk ke rumah-rumah tersebut, melihat bagaimana isi dari rumah tersebut. Di salah satu spot di kampung heritage Kayoetangan dibangun sebuah halaman kecil yang terdapat permainan-permainan jaman dulu seperti “engkleng”, “dakon”, “egrang” dll. Mengingatkan kita seperti bermain di masa kecil. Sungguh sangat menarik untuk dikunjungi bagi pecinta wisata heritage di Malang.

Jika anda berasal dari luar kota Malang, jangan takut. Ongis Travel siap untuk memberikan fasilitas paket wisata sejarah / heritage di kota Malang, kami akan memberikan itinerary atau jadwal terbaik untuk mengunjungi spot-spot terbaik di kota Malang. Yuk liburan ke Malang..!!