yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ini merupakan bagian dari beberapa air terjun bertingkat yang berada di  lereng kaki Gunung Kawi. Selain , ada Coban Manten, dan  Coban Dudo, tetapi yang paling terkenal sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan asing adalah coba rondo, karena  akses jalan dan  transportasi yang mudah.

Coban sendiri berarti air terjun dalam bahasa jawa, sedangkan rondo sendiri berarti janda dalam bahasa jawa. Mungkin anda bertanya kenapa menjadi air terjun janda? Menurut cerita legenda yang beredar bahwa air terjun ini menjadi tempat Dewi Anjarwati menunggu suaminya, Raden Baron Kusuma yang meninggal setelah berkelahi melawan Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati. Dalam perkelahian tersebut keduanya tewas sehingga Dewi Anjarwati pun menjadi janda, padahal pernikahannya baru berlangsung selama 35 hari. Karena hal ini maka berkembang pula mitos jika sepasang kekasih datang ke Coban Rondo, maka hubungan tali kasihnya akan terputus.

Aktivitas di Coba Rondo

Air Terjun Coban Rondo yang terletak di tengah hutan pinus yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini memiliki ketinggian 84 meter atau jika diukur dari atas permukaan laut, maka ketinggiannya adalah 1.135  mdpl. Selain bisa menikmati indahnya air terjun dan gemercik air yang sangat dingin dan sejuk. Anda pun bisa melihat hewan di kebun binatang mini yang juga merupakan satwa yang dilindungi, seperti monyet, landak, dan rusa.

Anda bisa datang ke Air Terjun Coban Rondo dengan tikek masuk sebesar Rp15.000. Selain itu anda bisa menikmati fasilitas dan wahana wisata yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti wahana labirin, berkuda, bersepeda gunung, flyingfox, junggle trekking,  treewalk,   paragliding, tubing, rafting, paralayang, airsoftgun, paintball,  dan masih banyak lagi dengan harga yang beragam.

Jika anda kelaparan atau kehausan anda tidak usah khawatir karena di sekitar kawasan Coban Rondo banyak kios atau toko kecil yang menjual beragam makanan dan minuman seperti nasi, roti, snack, mie instant, air mineral, soft drink, dan lain sebainya. Dan harga yang ditawarkan pun masih terjangkau. Jika anda juga ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah, anda tidak perlu bingung karena di dekat pintu masuk menuju Air Terjun Coban Rondo terdapat kios-kios oleh-oleh yang menjual oleh-oleh khas Kota Malang yang harganya lebih miring jika dibandingkan anda membelinya di Kota Malang langsung.

 

wisata air terjun coban rondo

Air Terjun Coban Rondo Malang

 

Rute ke Coban Rondo

Jika dari kota Malang, maka Coban Rondo berjarak sekitar 25 kilometer atau sekitar 12 kilometer di barat Kota Batu. Waktu tempuh dari Kota Malang ke Coban Rondo sekitar satu jam. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus jurusan Malang – Surabaya atau angkot dari kota Malang dengan angkutan kota kode L, kemudian turun di terminal Landungsari,dan naik bus jurusan Kediri yang melewati Pujon dan turun di patung sapi.  Namun jika anda  tidak mau pusing dan kesulitan mengatur waktu liburan anda, anda bisa menggunakan jasa agen travel yang terpercaya, dan mengetahui tentang seluk beluk wisata khususnya daerah Malang yang menjadi tujuan untuk mengunjungi Air Terjun Coban Rondo.

Pastikan anda memilih Ongis Travel sebagai penyedia jasa paket wisata Malang Batu Bromo dengan kualitas pelayanan nomor satu di Malang. Ongis Travel memiliki orang-orang profesional dan berpengalam di bidang wisata, termasuk pemandu wisata (tour guide) dan pengemudi (driver) yang akan langsung berinteraksi dengan anda. Ongis Travel pun memiliki armada pariwisata premium seperti big bus, bus, hiace, elf long, elf short, avanza, xenia, inova.

 

Air Terjun Coban Rondo Batu Malang

Air Terjun Coban Rondo Batu Malang

 

Anda bisa menghubungi kami di nomor  082 21 8888 236, untuk mendapatkan pelayanan yang ramah dari Customer Service kami yang siap melayani anda 24 jam. Anda juga bisa mengunjungi kantor Ongis Travel di jalan Letjend Sutoyo 3 No. 16 Kota Malang atau bisa juga melalui situs kami di Ongistravel.com untuk mendapatkan informasi  dan paket yang ditawarkan untuk melakukan wisata di Malang, Batu, dan Bromo. Harga yang kami tawarkan sesuai dengan fasilitas dan pelayanan yang anda dapat. Untu mengetahui harga paket wisata silakan menghubungi kontak person. Jadi tunggu apa lagi pilih Ongis Travel, ahlinya jasa travel wisata di Malang untuk memandu anda berwisata di Air Terjun Coban Rondo.

 

 Dokumentasi Paket Wisata Malang di Air Terjun Coban Rondo Malang