Jawa Timur adalah salah satu tujuan wisata. Salah satu tempat wisatanya yang terkenal adalah Gunung . Gunung Bromo merupakan salah satu ciri khas dari Jawa timur sampai sampai anda belum bisa dikatakan pernah ke jawa timur jika anda belum pernah datang ke Gunung Bromo. Gunung Bromo selain memiliki pemandangan yang luar biasa di sisi gunungnya juga memiliki ciri khas yang luar biasa indah juga yaitu pasir pantai yang menjadikan lokasi ini semakin menawan. Wisata di Gunung Bromo juga tidak hanya sebatas memandang pemandangan gunung berapi aktif dalam jarak yang dekat tapi juga anda bisa menikmati wisata lain seperti wisata berkuda dan yang paling banyak dinantikan adalah wisata melihat matahari terbit di Gunung Bromo.

Daya Tarik Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di daerah Jawa Timur di daerah Tengger, dimana penduduknya kebanyakan memiliki agama Hindu, hal inilah yang menyebabkan Gunung Bromo dinamai dengan Bromo yang diambil dari nama salah satu dewa di agama Hindu yaitu dewa Brahma. Gunung Bromo memang bukanlah gunung yang memiliki ukuran terbesar atau terluas akan tetapi gunung ini memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan dan dramatis, sehingga bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang terhipnotis dengan keindahan gunung ini, tapi juga masyarakat mancanegara yang berbondong bondong datang ke Gunung Bromo hanya untuk menyaksikan dan menangkap moment matahari terbit di Gunung Bromo.

 

Sunrise Bromo

Sunrise Bromo

 

Cerita Rakyat dari Gunung Bromo

Selain keindahan panorama yang begitu mengagumkan, Gunung Bromo juga memiliki masyarakat lokal yang ramah dan bersahabat. Dari penduduk lokal anda akan dapat mendengar berbagai cerita tentang gunung tersebut salah satunya adalah cerita tentang festival Yadnya Kasada atau Kasodo yang diadakan setiap tahun sekali dengan persebahan berupa sayuran, ayam, dan uang. Persembahan itu merupakan bahan bahan persembahan yang nantinya akan dibuang ke kawah Gunung Bromo dengan ditujukan pada dewa.

Festival Kasodo ini dimulai dari sebuah cerita rakyat yang mengisahkan kehidupan seoran putri cantik dengan pemuda tampan bernama Joko Seger dan Rara Anteng. Keduanya mengalami lika liku kehidupan yang rumit dimulai dari rara anteng yang merupakan kembang desa yang ingin dipersunting oleh seorang yang sakti mandra guna. Akan tetapi rara anteng tidak ingin menikahi orang tersebut disebabkan hatinya tidak terpaut pada lelaki tersebut. karena tidak sanggup menolak rara anteng memberika persyaratan pada laki laki sakti tersebut untuk membuat lautan ditengah tengah pegunungan dalam waktu semalam. Akhirnya permintaan tersebut dilakukan oleh laki laki sakti yang jatuh cinta pada rara Anteng. Malam belum usai tapi lautan yang diminta oleh rara Anteng sudah akan selesai. Kemudian rara ANteng melakukan tipuan supaya lelaki sakti tersebut merasa gagal yaitu dengan membangunkan wanita wanita agar segera menumbuk padi sehingga hari seakan akan sudah pagi. Karena kesal sang lelaki melemparkan alat nya yang digunakan untuk membuat lautan yang berupa batok raksasa yang kemudian menjadi gunung Batok, serta lautan yang hampir selesai itu kini dinamai dengan segara wedi atau lautan pasir karen abelum sempat diisi dengan air.

Sepeninggalan lelaki sakti tersebut rara Anteng bertemu dengan Joko Seger, singkat cerita mereka akhirnya menikah namun tidak dikaruniai anak. Karena putus asa rara Anteng dan Joko seger besemedi agar dikaruniai anak oleh sang dewa, akhirnya keinginan mereka dipenuhi dan mereka dikaruniai 25 anak dengan syarat mereka harus mengorbankan anak bungsu ke kawah gunung bromo. Namun naluri ibu dari rara Anteng tidak mengizinkan hal itu terjadi dan akhirnya ia mengingkari janjinya pada dewa, sang dewa murka dan melumat seluruh keluarga rara Anteng ke dalam api gunung Bromo. Mulai saat itulah dimulai festifal kesodo untuk memberikan persembahan agar dewa tidak marah lagi.

Liburan ke Gunung Bromo bersama Ongis Travel

Jika anda ingin melakukan perjalanan ke Gunung Bromo, anda bisa mempercayakan perjalann anda pada Ongis Travel yang merupakan jasa travel nomor 1 di Malang yang akan memberikan pelayanan premium dengan paket apapun yang anda pilih. Ongis Travel akan memberikan harga yang sesuai dengan fasilitas paket yang anda pilih jadi anda tidak perlu kawatir meskipun merupakan agen travel yang paten, Ongis Travel akan memberikan harga yang sesuai dengan fasilitas yang anda butuhkan. jika anda akan pergi berlibur di Malang khususnya di Gunung Bromo, gunakanlah Ongis Travel “Ahlinya jasa travel wisata di Malang”