Long weekend, nih? Kalau belum memiliki rencana akan menghabiskan liburan di mana, berwisata saja ke . Ada banyak pilihan taman bermain, air terjun di , hingga wisata belanja murah yang ada di Kota Apel ini. Selain itu, di Malang juga hal yang wajib dicoba saat berkunjung ke sini. Tak hanya ada bakso, ada juga deretan di Malang yang bisa menjadi destinasi jelajah kuliner selama liburan. Ini daftarnya.

1. Rawon Brintik

Rawon Brintik

Rawon Brintik [source]

 

Tidak akan ada yang bisa mengalahkan enaknya resep turun temurun. Warung Rawon Brintik yang berada di Jl. KH Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1942. Bisa dibilang, ini merupakan warung rawon pertama yang ada di Malang. Dagingnya yang empuk dan kuah sedapnya yang dimasak dengan arang menjadi khas tersendiri bagi Rawon Brintik. Ini menu yang cocok untuk sarapan sebelum memulai hari untuk keliling kota Malang. Rawon ini siap memanjakan lidahmu sejak pukul 5 pagi hingga jam 4 sore. Per porsi biasanya dibanderol dengan kisaran harga 25 ribu saja.

Rawon Brintik Malang

Rawon Brintik Malang [source]

2. Rawon Nguling

Rawon Nguling di Malang

Rawon Nguling di Malang [source]

 

Rawon enak di Malang lainnya adalah Rawon Nguling. Awalnya rawon ini membuka kedai pertamanya di Probolinggo dan ternyata mendapat banyak pelanggan. Akhirnya dibuka juga cabang Malang yang terletak di Jl. Zainul Arifin No.62, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang. Rawon ini juga salah satu kuliner Malang yang kelezatannya sudah melegenda. Cita rasanya tak berubah dan tetap sedap. Rawon ini buka sejak pukul 7 pagi hingga 15.30. Cocok untuk menu makan siang. Jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai lauk tambahan seperti tempe, perkedel, dan paru. Sepiring rawon Nguling tanpa tambahan harganya berkisar 28 ribu rupiah.

Rawon Nguling Malang

Rawon Nguling Malang [source]

3. Rawon Djenggot

Rawon Djenggot Malang

Rawon Djenggot Malang [source]

 

Tak perlu khawatir kelaparan tengah malam saat berwisata ke Malang. Ada Rawon Djenggot yang buka dari malam hingga pukul 1 pagi. Warungnya berada di Jalan Soekarno Hatta No.A4, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang. Rawonnya pas dengan kuah hangat nikmat, apalagi ditambah taburan bawang goreng yang banyak. Kamu juga bisa meminta lauk tambahan seperti mendol dan tempe. Tenang saja, lahan parkir di warung ini sangat luas. Lokasinya pun berada di tengah kota sehingga memudahkanmu. Ada juga menu lain yang disediakan, yaitu soto dan nasi campur.

Rawon Djenggot

Rawon Djenggot [source]

4. Rawon Tessy

Rawon Tessy

Rawon Tessy [source]

 

Ada lagi rawon enak di Malang yang wajib dijajal, adalah Rawon Tessy. Bukan, ini tak ada hubungannya dengan pelawak yang bernama sama. Tessy merupakan nama julukan bagi sang pemilik yang akhirnya juga dijadikan nama untuk kedainya. Yang membedakan rawon ini dengan yang lainnya adalah kuahnya yang lebih bening. Namun jangan salah, rasanya juga tak kalah nendang dengan rawon legendaris yang lainnya. Disediakan juga lauk tambahan seperti perkedel, sate usus, tempe dan lain-lain yang akan menyempurnakan santapanmu. Letaknya juga sangat strategis karena dekat dengan Stasiun Kota Malang, yaitu di Jalan Embong Brantas. Tak hanya enak, Rawon Tessy ini juga cukup murah, sekitar 15 ribuan saja.

Rawon Tessy Malang

Rawon Tessy Malang [source]

 

Rugi banget kan kalau sedang berkunjung ke tempat-tempat wisata Malang tapi tak sekalian kulineran. Agar tak ada tempat yang terlewat, pastikan kamu menggunakan jasa agen travel terpercaya seperti Ongis Travel untuk mengatur liburan sesuai dengan yang kamu inginkan, termasuk untuk kulineran. Bagaimana, sudah coba rawon yang mana?