Jalan-jalan ke Malang, kurang sempurna jika tak juga menyantap berbagai kuliner enaknya. Tak hanya dikaruniai dengan pegunungan dan pantai yang indah, ada banyak makanan enak yang wajib dicoba saat bermain ke Kota Apel ini. Malang dikenal sebagai kota yang berhawa dingin, paling enal kalau menikmati hawa Malang sambil menyantap semangkuk soto hangat. Ini dia daftar soto enak di Malang yang harus kamu coba. Catat, ya.

1. Soto Ambengan Bu Keni

Soto Ambengan Malang

Soto Ambengan Malang [source]

 

Pecinta makanan berkuah wajib nih mampir ke Soto Ambengan Bu Keni. Kuahnya sangat sedap, bumbu dan rempah yang digunakan menyatu dengan sempurna. Sehingga setiap sendok suapan yang masuk mulut, bikin tidak bisa berhenti ngunyah dan terus minta tambah. Ada banyak pilihan soto di sini, dari soto biasa, dengan kulit, jeroan, atau spesial. Jangan salah, meski bercitarasa tinggi dengan porsi cukup, Soto Ambengan yang membuka kedainya di Jl. Patimura No.9, Klojen, Malang ini memasang harga yang murah, lho. Semangkuk soto biasa hanya dibanderol 20 ribu saja. Jangan lupa tambahkan koya di atas sotomu, ya.

Soto Ambengan

Soto Ambengan [source]

2. Soto Daging Pak Markeso

Soto Daging Pak Markeso, Malang

Soto Daging Pak Markeso, Malang [source]

 

Murah bukan berarti murahan, lho. Semangkuk Soto Madura dengan harga ramah di kantong ini harus masuk dalam perutmu. Soto Daging Pak Markeso mungkin hanya berjualan dengan gerobak sederhana. Namun, antrian pembeli yang berkerumun di sekitar gerobaknya harusnya membuatmu penasaran seenak apa. Dengan harag 10 ribuan saja per porsi, soto madura dengan tauge segar juga koya khas Pak Markeso ini bisa kamu singgahi. Jika kebetulan kamu sedang menikmati udara pagi di Taman Slamet, wajib nih mengisi perut di sini. Pak Markeso siap membuatmu kenyang dengan racikan soto enaknya sejak pagi di  Jl. Sindoro, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang. Jangan datang terlalu siang kalau tak mau kehabisan, ya.

Soto Daging Pak Markeso

Soto Daging Pak Markeso [source]

3. Soto Ayam Lombok

Soto Ayam Lombok Malang

Soto Ayam Lombok Malang [source]

 

Soto Lombok termasuk kuliner legendaris yang wajib dicoba. Soto Lombok yang ada di Lombok No.1, Kasin, Klojen ini merupakan salah satu soto enak di Malang yang sudah terbukti kelezatannya sejak 50 tahunan yang lalu. Kuah bening menjadi ciri khas dari soto ini. Meski begitu, racikan rempah yang pas dan sedap bisa dirasakan di setiap suapan. Yang membuat soto ini menjadi lebih segar adalah campuran tomat dan kentang di dalamnya. Kesuksesan soto ini terbukti dengan enam cabangnya yang kini sudah tersebar di Jawa Timur. Asiknya lagi, kamu bisa memesan menu ini untuk sarapan atau penghilang lapar di tengah malam karena buka dari jam 7 pagi hingga 12 malam.

Soto Ayam Lombok

Soto Ayam Lombok [source]

4. Soto Dhok Malang

Soto Dhok

Soto Dhok [source]

 

Satu lagi soto enak di Malang yang perlu dibuktikan sendiri kelezatannya. Adalah Soto Dhok yang ada di Jalan M.T. Haryono No.73, Dinoyo, Malang. Nama ini diambil dari suara ‘dok-dok’ karena sang penjual membanting botol kecap asin saat meracik pesanan. Ini menjadi ciri khas dan akhirnya dikenal dengan nama soto dhok. Kuliner satu ini sudah membuat kenyang para pecinta kuliner sejak kisaran tahun 1984. Semangkuk soto dengan kuah bening namun sedap tiada tara bisa kamu santap sejak pukul 8 pagi hingga jam 11 malam. Pilihan lauk tambahannya pun beragam, dari babat hingga paru.

Soto Dhok Malang

Soto Dhok Malang [source]

 

Nah di atas tadi ada sederetan soto enak di Malang yang wajib dicoba. Agar tidak ada kuliner yang tertinggal, atau justru malah nyasar, lebih baik menyerahkan segala urusan liburanmu pada agen travel terpercaya seperti Ongis Travel. Tinggal duduk manis dan makan enak. Setuju?