Jawa Timur memang kaya akan alam yang indah. Apapun ada di sini, dari deretan pantai eksostis hingga pegunungan yang sejuk. Saat berkunjung ke Malang, rugi rasanya jika tak menyempatkan waktu untuk melihat kecantikan dan kemegahan Gunung Bromo. Jangan khawatir, ada banyak tempat menginap di Bromo sehingga kamu bisa beristirahat dengan nyaman. Selain itu, ada banyak wisata di sekitar Gunung Bromo yang juga bisa disinggahi. Ini dia daftarnya.

1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura [source]

 

Kalau sudah sampai di Gunung Bromo, pastikan kamu juga mampir ke Air Terjun Madakaripura. Kabarnya, air terjun yang ada di Branggah, Sapih, Lumbang, Sapih, Lumbang, Probolinggo ini adalah yang tertinggi di Pulau Jawa, lho. Ada beberapa legenda yang mewarnai tempat wisata ini. Salah satunya, Madakaripura disebut-sebut sebagai tempat terakhir dari Patih Gajah Mada hingga beliau meninggal dunia. Kamu juga akan melihat patung dari Patih Majapahit ini sebelum masuk ke air terjunnya. Untuk sampai ke air terjunnya tidak susah karen sudah disediakan jalur khusus. Menurut peraturan yang baru, semua kendaraan pribadi harus berhenti di tempat parkir dan dilanjutkan dengan menaiki ojek setempat. Tenang saja, keindahan yang menanti akan membuatmu rela melakukan perjalanan apapun.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo [source]

2. Coban Pelangi

Coban Pelangi Malang

Coban Pelangi Malang [source]

 

Jika menuju Gunung Bromo dari arah Malang, kamu akan melewati jalur ke Coban Pelangi. Sayang banget kan kalau tak sekalian singgah di air terjun yang cantik ini? Air terjun ini tepatnya terletak di  Ngadas, Poncokusumo, Malang. Disebut pelangi karena matahari memancarkan sinarnya pada titik air terjun sehingga terlihat warna-warni. Pelangi ini akan terlihat sekitar jam 10 hingga 2 siang. Setelahnya, cuaca akan mendung. Harap hati-hati jika bermain di sini karena air terjun ini memiliki arus yang cukup deras. Fasilitas yang tersedia pun lengkap, termasuk mushola. Tarifnya pun cukup murah, yaitu hanya 10 ribu rupiah.

Coban Pelangi

Coban Pelangi [source]

3. Puncak B29

Puncak b29

Puncak b29 [source]

 

Ada lagi tempat wisata di sekitar Gunung Bromo yang wajib dikunjungi. Adalah Puncak B29 yang lebih dikenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan. Nama julukan ini bukan tanpa arti, lho. Puncak ini memang berada di ketinggian 2900 meter di atas permukaan air laut. Dari puncak ini, kamu akan melihat gumpalan awan di atas gunung. Hal ini lah yang membuatmu serasa sedang berada di negeri atas awan. B29 berada di Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura, merupakan perbatasan Lumajang dan Probolinggo. Untuk menuju lokasi ini harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada transportasi umum. Meski akan melewati perjalanan yang berliku, namun keindahan negeri di atas awan akan membayar lunas lelahmu.

Puncak b29 Argosari, Lumajang

Puncak b29 Argosari, Lumajang [source]

4. Beejay Bakau Resort

Beejay Bakau Resort

Beejay Bakau Resort [source]

 

Selain Air Terjun Madakaripura, ada juga tempat wisata di Probolinggo lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Beejay Bakau Resort merupakan tempat wisata hits di Probolinggo. Ada banyak spot selfie yang disediakan, termasuk patung kuda terbesar yang ada di Indonesia. Di sini juga ada pantai buatan, lengkap dengan permainan kanonya. Cocok banget untuk lokasi liburan bersama dengan keluarga. Selain itu, fasilitas yang ada juga sangat lengkap. Ada restoran terapung yang menyajikan masakan seefood dengan pemandangan ciamik. Jika ingin tinggal lebih lama, Beejay Bakau Resort juga menyediakan bungalow yang langsung menghadap laut dengan pemandangan matahari terbit yang memukau.

BJBR Probolinggo

BJBR Probolinggo [source]

 

Mumpung ke Malang, wajib nih berkunjung ke Gunung Bromo beserta wisata-wisata yang ada di sekitarnya. Daripada bingung mengaturnya, lebih praktis jika meminta bantuan ahli seperti Ongis Travel untuk mengatur liburan untukmu. Dijamin puas dan sangat berkesan. Jadi kapan nih mau jalan-jalan bareng?