Museum Brawijaya Malang adalah salah satu museum  kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di Kota Malang. Wisata Malang yang satu ini termasuk kategori wisata edukasi. Di dalam terdapat banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah kemerdekaan RI. Di dalam museum anda akan melihat benda-benda sejarah yang digunakan pahlawan nasional dari Malang untuk berperang melawan penjajah.

Ada 5 area utama yang digunakan untuk tempat menyimpan benda-benda bersejarah tersebut.

Yang pertama, taman (Agne Yastra Loka) yang berada di area depan museum. Di dalam taman terdapat koleksi benda-benda sejarah antara lain , sejata api hasil rampasan dari penjajah, meriam, dan ada juga patung jendral Sudirman yang dibuat dg tujuan untuk mengenang jasa-jasa Panglima Jendral Sudirman

Yang kedua adalah Ruang Lobi, di ruangan ini terdapat 3 koleksi sejarah yang bisa dilihat pengunjung, yaitu relief penugasan pasukan Brawijaya., relief kekuasaan kerjaan Majapahit dan lambang-lambang kesatuan negara Indonesia.

Yang ketiga adalah Ruang 1, yang berisi koleksi benda bersejarah antara tahun 1945-1949, antara lain mobil De Soto, foto-foto pahlawan, berbagai macam senjata api dan yang paling menarik adalah terdapat meja yang digunakan oleh presiden Soekarno, bung Hatta dan Kol Soengkono untuk berunding yang dikenal dengan “Perundingan Meja Bundar”

Yang keempat adalah Ruang 2, yang berisi benda-bendar sejarah sejak tahun 1950 hingga sekarang. Di sana terdapat benda-benda seperti komputer yang digunakan pada jaman dulu, foto-foto pemberontakan bangsa Indonesia terhadap penjajah dan ada juga foto-foto kota Malang tempo dulu.

Yang terakhir adalah halaman tengah, ruangan ini berupa halaman terbuka yang di sana terdapat 2 benda bersejarah yaitu Gerbong Maut dan perahu Sigigi

Itulah sedikit penjelasan mengenai objek wisata edukasi dan sejarah Museum Brawijaya Malang. Tempat wisata Malang yang satu ini selalu ramai kunjungan saat libu sekolah tiba. Siswa-siswi dari dalam kota maupun luar kota banyak yang mengunjungi Museum Brawijaya ini untuk wisata dan belajar.