Wisata Pantai Jelangkung Malang

Datang tak diundang..Pulang tak diantar..

pantai jelangkung malang

Jelangkung juga ada di Malang, guys. Tenang aja Jelangkung di Malang bukan makhluk halus menyeramkan seperti yang ada di legenda kita, guys. Jelangkung di Malang adalah nama sebuah pantai. Namanya yang unik pasti membuat travelers penasaran kan. Pantai Jelangkung ini tidak seseram namanya, guys. Pantai ini memiliki pesona yang indah yang justru terlihat jelas dari jalan sekitarnya yang sudah beraspal dan cukup mulus.

Sebelum kita membahas keindahan , mari kita membahas namanya yang unik ini, guys. Nama asli pantai ini adalah pantai Jolangkung. Jolangkung dalam bahasa Jawa berarti ‘ojo liwat’ yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘jangan lewat’. Pada jaman baheula, pantai Jelangkung memiliki ombak yang sangat besar hingga airnya meluber ke jalan raya. Nah siapa aja yang tetap nekat lewat jalan raya itu terutama saat ada ombak besar kemungkinan akan terserat ikut ombak. Oleh karena itu, warga setempat melarang melewati jalan raya yang ada disana pada saat ombak besar sedang menyapu jalan raya disana. Barulah setelah ombak mereda, kita bisa melewatinya. Dari situlah warga setempat menamainya dengan Pantai Jolangkung yang artinya ‘jangan melewatinya’ yang pada akhirnya Pantai Jolangkung lebih sering disebut dengan nama Pantai jelangkung oleh masyarakat setempat. Hingga saat ini, Pantai Jelangkung memang masih berbahaya pada saat ombak besar.

Travelers tidak perlu takut meskipun Pantai Jelangkung ini memiliki ombak yang besar karena ketika ombak tersebut sampai di bibir pantai, ombak langsung berubah menjadi pelan. Hal ini disebabkan adanya batuan karang yang berada kurang lebih sekitar 10m tepat sebelum bibir Pantai Jelangkung. Tinggi karang tersebut hanyalah sekitar 50cm akan tetapi memanjang sekitar 300 meter sepanjang pantai. Jadi setiap kali ombak datang, air akan berhenti di batu karang ini dan semburan dari air tersebut akan melingkar perlahan di tubuh batu karang ini.

Pantai jelangkung berlokasi di Gajahrejo Gedangan, Malang Jawa Timur. Untuk menuju ke Pantai Jelangkung, travelers bisa mengikuti rute jalan yangmenuju ke Pantai Sendang Biru, kemudian belok ke barat ke arah Desa Gajahrejo dan dari Desa Gajahrejo kalian akan melewati jalur lintas selatan atau yang sering disebut JLS. Travelers ikuti saja jalur JLS sampai tiba di Pantai Jelangkung. Lokasi Pantai Jelangkung tepat berada di pinggir jalan.

Pemandangan alam yang disuguhkan Pantai Jelangkung sangat lah indah dan memiliki kesan eksotis. Keasrian dan kebersihan Pantai Jelangkung masih sangat terjaga karena pantai ini termasuk destinasi wisata yang baru dikenal oleh masyarakat umum. Oleh karena itu juga, kalian tidak dipungt biaya apapun untuk menikmati keindahan Pantai Jelangkung.

Untuk travelers yang berencana menikmati makan siang di Pantai Jelangkung, kita sarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah karena di Pantai jelangkung belum terdapat warung makan. Atau kalian bisa membeli makan di warung-warung sebelum perjalanan ke Pantai Jelangkung.

Di Pantai Jelangkung ini juga belum ada hotel atau penginapan. Jadi jika kalian ingin menginap di Pantai Jelangkung, kalian bisa membuat tenda disini. Namun, jangan membuat tenda di bibir pantai ya, guys. Ombak Pantai Jelangkung biasanya pasang pada malam hari.

Jika anda berencana untuk liburan di Malang, jangan lupa menghubungi Ongis Travel dan membukan website official kami di www.ongistravel.com Penyedia paket wisata Malang terbaik di Jawa Timur. Kami akan mengantar anda wisata ke pantai Jelangkung. Anda juga bisa menggabungkan wisata pantai Jelangkung dengan beberapa objek wisata favorite di Malang. Join Us!