adalah tempat beribadah umat . Pulau Jawa khususnya propinsi Jawa Timur punya sejarah yang panjang tentang kerajaan . Terbukti dengan ditemukannya banyak -candi dan di Malang. Candi seperti candi Singosari, Candi Jago dan candi Kidal adalah beberapa candi peninggalan kerajaan hindu di masa lampau. Dan karena adanya candi-candi tersebut, maka sebagai tempat peribadatan umat hindu pasti juga ada di sekitarnya. Dan di Malang Raya terdapat beberapa yang besar yang sampai saat ini masih digunakan untuk beribadah umat hindu di Malang. Berikut ini kami berikan ulasan beberapa besar di Malang Raya.

1. Pura Giri Arjuna, Desa Tulungrejo, Kota Batu

pura giri arjuna batu

Pura Giri Arjuna

 

Pura ini mempunyai lokasi yang cukup sejuk berada di daerah pegunungan dengan latar belakang gunung Arjuno. Di sekitar lokasi pura juga terdapat tumbuhan-tumbuhan hijau seperti sayuran dan pepohonan yang masih asri. Udaranya juga masih sangat sejuk dan bersih. Pura ini begitu ramai pengunjung ketika hari minggu. Banyak sekali pengunjung khususnya yang beragama Hindu datang dari penjuru daerah di Indonesia.

2. Pura Luhur Dwijawarsa Malang

Pura Luhur Dwijawarsa kedung kandang malang

Pura Luhur Dwijawarsa

 

Pura yang satu ini berada di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Pura ini merupakan pura paling tua di Malang, ada sejak tahun 1957. Memiliki luas sekitar 1.3 hektar dan berjarak kurang lebih 9km dari pusat kota Malang. Pura ini bisa menampung lebih kurang 1000 umat Hindu yang beribadah. Pura ini cukup unik karena dibangun di wilayah mayoritas umat islam. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sudah paham dengan apa yang dinamakan toleransi umat beragama.

3. Pura Luhur Amertha Jati, Pantai Balekambang Malang

pantai balekambang malang selatan

pantai balekambang malang selatan

 

Pura Luhur Amertha Jati berada di wilayah Pantai Balekambang, didirikan sejak tahun 1985, oleh bupati Malang pada saat itu Edi Slamet. Terinspirasi dengan Pura yang ada di Tanah Lot Bali. Tempat ini dianggap suci bagi masyarakat hindu di sekitar Pantai Balekambang. Pura ini dibangun di atas pulau kecil di bernama Ismoyo dekat bibir pantai, untuk mencapai lokasi pura, ada jembatan dengan lebar 1.5m yang bisa anda lewati. Pura ini selain untuk beribadah, juga sering dijadikan sebagai spot favorite pengunjung pantai untuk mengabadikan moment sunset yang cukup indah. Namun anda tetap harus berhati-hati menjaga kesucian tempat ini dengan mematuhi peraturan-peraturan yang sudah ada.