Jika kita menghitung banyaknya tempat wisata Malang Raya, mungkin tidak ada habisnya. Sektor wisata di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu terus berkembang setiap tahunnya. Kota yang terkenal dengan buah apel dan hawa dinginnya ini, mempunyai begitu banyak keindahan yang bernilai wisata.

Wisata Malang Raya memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak orang bertanya, kenapa orang memilih Malang menjadi tempat yang pas untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Ada yang bilang wisata ke Malang biaya nya murah, pilihan transportasi banyak, pilihan kuliner beragam murah dan enak, ada wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, wisata sejarah dan masih banyak lainnya. Apalagi sekarang juga sudah bermunculan tempat wisata baru di Malang yang hits, kekinian kesukaan anak jaman now.

Daftar Tempat Wisata Terbaru di Malang, Batu dan Sekitarnya 2018

Banyaknya media social, menjadi pemicu munculnya destinasi wisata baru yang cepat dikenal oleh masyarakat luas. Banyak juga warga local ataupun pengembang yang melihat peluang ini, sehingga mereka mengembangkan daerahnya masing-masing untuk dijadikan tempat wisata baru di Malang.

Inilah sederet tempat wisata di Malang yang terbaru yang lagi menjadi trend di kalangan traveler jaman now atau milenial.

Tempat wisata Baru di Malang dan Batu:

1. Wisata Malang Terfavorit: Jatim Park 3

Jatim Park 3 baru buka hampir sekitar 1 tahun, tepatnya dibuka bulan November 2017. Wisata wahana buatan Jatim Park Group ini mengambil tema Dino Park atau taman Dinosaurus untuk spot utamanya. Website Jatim Park 3 Dino Park (https://jtp.id/dinopark) dan berlokasi di Jl Ir. Soekarno No.44 Kota Batu (https://goo.gl/maps/ASumm1Q2sVB2)

1.1 Dino Park

Jawa Timur Park 3, memilih Dino Park sebagai spot unggulan karena Dinosaurus adalah binatang purbakala yang semua orang pun tahu dan menyukainya. Di dalam Dino Park anda akan dibawa ke area yang belum anda bayangkan sebelumnya, seperti area Zaman Ice Age, Dino Park nuansa Timur Tengah, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk: Rp 100.000,-
Jam Buka: 11.00-18.00 WIB

lokasi dino park

1.2 Fun Tech.

Di wahana Fun Tech ini, anda akan merasakan bermain game futuristic yang menggunakan teknologi terbaru seperti teknologi Virtual Reality (VR). Seakan-akan anda ikut bermain di dalam game tersebut dan merasakan sensasi karakter yang bermain di dalam game itu. Sangat menarik sekali bukan..

Harga Tiket Masuk: Rp 30.000/2 jam
Jam Buka: 11-21.00 WIB

jam buka fun tech

1.3 The Legend Star

The Legend Star adalah salah satu wahana di Jatim Park 3 yang baru pertama kali dibuka di Indonesia yang menghadirkan ratusan patung lilin tokoh-tokoh dunia dan artis internasional. Anda dijamin akan dimanjakan dengan pengalaman liburan yang luar biasa beda dari yang lainnya. Di sini juga terdapat replika tempat-tempat terkenal negara di dunia seperti Hollywood, Korea, Japan, Taj Mahal India, White House di Amerika Serikat dan masih banyak lagi. The Legend Star sangat cocok untuk segala usia.

Harga Tiket Masuk: Rp 100.000,-
Jam Buka: 13.00-21.00 WIB

wahana masuk the legend star

1.4 Galeri Musik Dunia

Di salah satu spot Jatim Park 3 juga ada tempat bagi para pecinta music dunia. Di Galeri Musik Dunia tersimpan koleksi alat-alat music dari seluruh dunia dan juga patung-patung lilin tokoh music dunia. Anda bisa berfoto sepuasnya di sini.

Harga Tiket Masuk: Rp 50.000,-
Jam Buka: 11.00-21.00 WIB

wahana galeri musik dunia jatim park 3

1.5 Infinity World

Jika diartikan maka Dunia Tanpa Batas. Ya di dalam Infinity World anda bisa merasakan ruang tanpa batas dengan desain masa depan. Tempat ini memiliki ruang dengan luas kurang lebih 600m2. Jika anda masuk ke dalam ruang ini, anda diharuskan memakai sarung tangan dan kaos kaki supaya tidak terpeleset karena tempat ini lantai dan temboknya berbahan kaca, selain itu juga untuk menjaga agar kualitas kaca tetap terjaga

Harga Tiket Masuk: Rp 30.000,-
Jam Buka: 11.00-21.00 WIB

wahana di infinity world jatim park 3

2. Taman Bunga Coban Rais

Tempat wisata yang tidak kalah hits di Malang adalah Coban Rais. Coban Rais Berlokasi di Oro-oro Ombo, Kota Batu, kurang lebih berjarak 20km dari pusat kota Malang. Aksesnya sangat mudah dilewati oleh semua kendaraan. Coban Rais sejatinya adalah air terjun yang memiliki tinggi 20meter dengan air yang sangat jernih khas pegunungan. Tempatnya sangat sejuk karena masih banyak pepohonan di sekitarnya.

Nah apa yang membuat wisata Coban Rais ini menjadi hits dan terkenal? Jawabannya adalah, spot foto yang unik dan kekinian kesukaan traveler jaman now. Spot-spot ini berada sebelum masuk kawasan air terjun. Ada setidaknya 4 spot terbaik di Coban Rais ini. Spot tersebut adalah Sepeda Udara, Bukit I Love U, Batu Flower Garden, Hammock.

Untuk mendapatkan spot terbaik, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada cuaca yang cerah, karena jalan menuju spot-spot tersebut adalah tanah gunung, yang pada musim penghujan menjadi becek dan berlumpur dan jika pada pada kondisi mendung atau sore menjelang malam tempat ini akan menjadi gelap.

Note: Anda harus berjalan sekitar 4-5km ke area spot foto. Jika anda malas berjalan, terdapat jasa ojek untuk mencapai tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,- hingga Rp 35.000,-
Harga Tiket Spot Foto: mulai dari Rp 10.000,-
Parkir: Rp 5.000,-
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
Lokasi Maps: Oro-oro Ombo, Kota Batu (https://goo.gl/maps/g5oKm39QFXD2 )

spot foto di coban rais

3. Wisata keluarga dan Edukasi Malang: Jatim Park 1 dan 2

Jatim Park 1 dan 2 adalah objek wisata unggulan dari Jatim Park Group. Wisata Jatim Park 1 menjadi pendahulu kemudian muncul Jatim Park 2. Kedua tempat wisata ini memiliki konsep yang berbeda satu sama lain. Jatim Park 1 lebih kepada wahana permainan sedangkan Jatim Park 2 lebih kepada edukasi Modern Zoo.

3.1 Jatim Park 1

Jatim Park 1 merupakan tempat wisata Malang yang sudah lama berdiri di Kota Batu. Dari dulu hingga sekarang Jatim Park 1 menjadi destinasi favorit terutama bagi pengunjung pelajar. Karena di dalamnya selain terdapat berbagai macam permainan juga teradapat edukasinya juga.

Harga Tiket Masuk: Rp 100.000,-
Jam Buka: 08.30 – 16.30 WIB
Website: https://jtp.id/jatimpark1/
Lokasi Maps: Jl Dewi Sartika Kota Batu (https://goo.gl/maps/YozGpRJS14L2)

wahana di jatim park 1 batu

3.2 Jatim Park 2

Jatim Park 2 berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 menawarkan konsep kepada Modern Zoo, di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi hewan dari berbagai negara di dunia. Ada 2 wahana utama di dalam Jatim Park 2, Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Di Jatim Park 2, semua kalangan usia bisa menikmati wahana di dalamnya.

Harga Tiket Masuk: Rp 120.000,-
Jam Buka: 09.30 – 18.00 WIB
Website: https://jtp.id/batusecretzoo/ & https://jtp.id/museumsatwa/
Lokasi Maps: Jl Oro-oro Ombo No.9 Kota Batu (https://goo.gl/maps/X2ohauZnPw92)

wahana di jatim park 2 batu

 

4. Wisata Museum-Museum yang Kekinian di Malang

Mungkin sebagian kalangan menganggap mengunjungi museum adalah hal yang membuat bosan, malas dan kurang berminat. Namun, jangan salah, museum-museum di Malang ini tidak seperti kebanyakan wisata museum lhoo. Selain terdapat banyak koleksi dan cerita bersejarah di dalamnya, di museum-museum berikut ini anda juga bisa eksis dengan berfoto dengan latar belakang yang kekinian pastinya. Berikut daftar museum di Malang:

4.1 Museum Transportasi Indonesia: Museum Angkut

Musem angkut berdiri dan dibuka pada tanggal 9 Maret 2014. Sudah 4 tahun lebih berdiri, sejak awal Museum Angkut sudah menjadi jantung wisatanya kota Batu. Banyak sekali orang berwisata ke Malang, tujuan utamanya adalah berkunjung ke Museum Angkut. Tidak salah memang, Museum Angkut menjadi pilihan favorite wisatawan. Di dalam Museum Angkut terdapat lebih dari 300 koleksi kendaraan dari berbagai negara di dunia. Mulai dari yang klasik hingga yang paling modern. Terdapat koleksi motor, mobil, pesawat hingga roket, wow luar biasa. Museum Angkut juga merupakan museum transportasi terbesar di Asia Tenggara.

Di Museum Angkut dibagi menjadi beberapa zona seperti, zona Hall Utama yang berisi banyak sekali koleksi mobil klasik lengkap dengan tahun pembuatan dan asal negaranya. Ada juga zona Las Vegas yang menggambarkan kehidupan malam di Las Vegas dan zona Hollywood yang berisi tentang semua yang berbau Hollywood tentunya. Zona eropa yang terdapat miniatur gedung kerajaan istana Buckingham Inggris lengkap dengan patung ratu Elizabeth yang sedang duduk di kursi singgasananya.

Di bangunan luar area Museum Angkut terdapat Museum Dtopeng Kingdom dan Pasar Apung yang bisa anda nikmati setelah keluar dari Museum Angkut.

Harga Tiket Masuk: Rp 100.000,-
Jam Buka: 12.00 – 20.00 WIB
Website: https://jtp.id/museumangkut/
Lokasi Maps: Jl Terusan Sultan Agung No. 2 Kota Batu (https://goo.gl/maps/C2R7TPv7zbw)

4.2 Museum Malang Tempo Doeloe: Museum Panji Malang

Museum Panji, dulu bernama museum Malang Tempo Doeloe, sekarang berlokasi di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Sebelum pindah di sini, museum ini berlokasi di samping rumah makan Inggil. Karena koleksinya semakin bertambah, lokasi tersebut sudah tidak mampu lagi menampung koleksi-koleksi yang baru. Sehingga pemilik museum memindahkan ke tempat yang lebih luas yang sekarang berada di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang tersebut.

Di dalam museum Panji, anda akan diajak untuk melihat kondisi Malang pada jaman dulu. yaitu dari kerajaan Majapahit. Anda bisa melihat sejarah berdirinya Malang. Banyak sekali koleksi-koleksi benda bersejarah seperti arca, alat-alat dapur, alat-alat bangunan, adat istiadat jawa timur, wayang, lengkap dengan cerita kebudayaan pada jaman dahulu.
Anda tertarik dengan wisata sejarah atau heritage ? Museum Panji adalah jawabannya.

Harga Tiket Masuk: Rp 25.000,-
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB
Lokasi Maps: Ds Ringinanom, Kec Tumpang, Kab Malang (https://goo.gl/maps/mi9HWJ8WBTH2)

harga tiket masuk museum panji

4.3 Koleksi Senjata Peperangan jama Belanda: Museum Brawijaya Malang

Museum Brawijaya merupakan salah satu museum di Malang yang masih berdiri hingga sekarang. Tujuan dari dibangunnya museum ini adalah untuk mengenang sejarah perjuangan rakyat Jawa Timur dalam mengusir penjajah pada tahun 1945.

Di dalamnya tersimpan berbagai macam senjata dan kendaraan yang digunakan pada jaman penjajahan Belanda. Untuk anda yang mencintai dunia militer dan sejarah, tempat ini sangat pas untuk dikunjungi. Yang paling, adalah terdapat gerbong maut yang menjadi saksi tragedi meninggalnya pejuang-pejuang Indonesia dalam menumpas penjajah. Yang saat itu penjajah Belanda sedang mengangkut sekitar 100 orang tawanan pribumi dari Bondowoso ke Surabaya. Namun, karena gerbong tersebut terlalu sempit untuk diisi 100 orang, maka banyak yang terjepit hingga akhirnya tewas di dalam gerbong tersebut diakibatkan kelaparan, kepanasan dan sesak nafas.

Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Jam Buka: 07.30 – 16.00 WIB
Lokasi Maps: Jl Ijen No.25 Malang (https://goo.gl/maps/WZHqwq6Xogu)

lokasi museum brawijaya

4.4 Museum Sejarah: Museum Mpu Purwa Malang

Museum Mpu Purwa adalah museum yang berisi benda-benda peninggalan jaman kerajaan Majapahit. Banyak sekali koleksi arca-arca yang ditemukan di sekitar kota Malang. Tempat wisata sejarah di Malang yang satu ini sangat cocok untuk edukasi anak-anak supaya lebih mengenal dengan sejarah.

Harga Tiket Masuk: Free (Sumbangan Seikhlasnya)
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
Lokasi Maps: Perumahan Griya Samta Blk. B No.210 (https://goo.gl/maps/67SZSCVU2E12)

jam buka museum mpu purwa malang

5. Wisata Malam Hari Di Malang: Ngapain Aja Ya??

Tidak ada habisnya membahas tempat wisata Malang. Dari pagi hingga malam, ada saja objek wisata di Malang yang masih buka. Menikmati hawa dingin Malang di malam hari memang menjadi sensasi sendiri. Tapi, sebenarnya apa sih wisata malam di Malang yang paling asik itu..

5.1 Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular atau banyak dikenal BNS, adalah salah satu tempat wisata yang buka malam hari di Batu Malang. BNS menawarkan sensasi berwisata yang berbeda dari yang lain, di dalam BNS terdapat banyak sekali wahana permainan dan ada juga taman lampion. Objek wisata ini sangat pas dikunjungi oleh kalangan muda. Hawa dingin Kota Batu pada malam hari, semakin membuat anda tidak ingin pulang dari kota apel ini.

Harga Tiket Masuk: Rp 40.000,-
Jam Buka: 15.00 – 23.00 WIB
Website: http://www.batunightspectacular.co.id/
Lokasi Maps: Jl Hayam Wuruk No.1 Kota Batu (https://goo.gl/maps/hUfQGZC6JTE2)

harga tiket masuk batu night spectaculer bns

5.2 Malang Night Paradise

Malang Night Paradise, sesuai dengan namanya tempat ini adalah surganya wisata malam hari d Malang. Meskipun baru dibuka kurang lebih 1 tahun, tempat wisata yang satu ini memiliki daya Tarik sendiri bagi wisatawan. Beda dengan BNS, Malang Night Paradise lebih mengambil konsep lampion dan dinopark. Di dalam tempat ini anda bisa menikmati banyak sekali spot foto dengan berbagai macam bentuk lampion yang unik. Selain itu, ada juga wahana dino park, yang berisi patung-patung dinosaurus yang bisa bergerak dan bersuara.

Spot favorite di Malang Night Paradise adalah Magic Journey, yang merupakan wahana menyusuri sekitar area objek wisata dengan menggunakan perahu, di malan di sekelilingnya dihiasi gemerlap lampu yang menawan.

Harga Tiket Masuk: Rp 60.000,-
Jam Buka: 18.00 – 23.00 WIB
Website: http://malangnightparadise.com/
Lokasi Maps: Jl. Graha Kencana Raya No.66, Karanglo, Malang (https://goo.gl/maps/K9CQLmGfTdN2)

lokasi malang night paradise

6. Wisata Unggulan Malang Raya: Gunung Bromo

Siapa yang belum tahu gunung Bromo? Saya rasa semua masyarakat di seluruh Indonesia sudah tahu gunung Bromo. Gunung Bromo adalah salah satu objek wisata paling popular di Jawa Timur, bahkan di Indonesia setelah Bali. Gunung Bromo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang juga termasuk taman nasional terluas di Indonesia.

Gunung Bromo yang sebenarnya hanya memiliki ketinggian 2.392mdpl, namun gunung ini memiliki daya Tarik tersendiri bagi wisatawan, baik wisatawan domestic maupun manca.

Wisata gunung Bromo memiliki beberapa spot favorite yang sudah menjadi destinasi wajib ketika berkunjung ke gunung Bromo. Antara lain spot sunrise di Penanjakan 1/Kingkong Hill/Bukit Cinta, Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, Pasir Berbisik, Bukit Teletubies. Kita ulas satu per satu ya…

Dimulai pukul 03.00 dini hari anda harus sudah berada di tempat transit jeep di kawasan Wonokitri, Pasuruan. Anda akan merasakan dinginnya suhu di Bromo yang menusuk tulang, bisa mencapai 2 derajat Celcius. Maka dari itu, pakailah jaket tebal, sarung tangan hangat, kupluk kepala dan masker untuk menahan hawa super dingin di Bromo. Perjalanan ke spot sunrise sekitar 20 menit hingga ke Penanjakan 1, turun jeep, kami sarankan untuk menuju waurung-warung di sekitar area Penanjakan 1, untuk mencicipi jagung bakar dan the hangat sambal menghangatkan badan sebelum masuk ke tempat melihat sunrise. Jam 04.00, segeralah bersiap-siap mencari tempat terbaik untuk melihat keindahan sunrise Bromo, karena pasti aka nada banyak orang yang menempati area paling depan supaya mendapat view yang bagus.

Mata anda akan terkagum-kagum ketika warna langit berubah menjadi kuning tanda matahari akan segera terbit. Sungguh luar biasa ciptaan Tuhan yang maha kuasa..

Setelah puas menikmati sunrise, waktunya turun dan mengeksplore spot lain di kawasan gunung Bromo. Kami sarankan untuk menuju Kawah Bromo terlebih dahulu. Kawah Bromo menjadi spot kedua yang dicari oleh wisatawan. Untuk mencapai puncak kawah Bromo, anda harus berjalan kaki menaiki kurang lebih 300 anak tangga. Perjalanan yang lumayan menguras tenaga terbayarkan dengan pemandangan di kawah Bromo yang luar biasa. Anda bisa sangat dekat dengan kawah Gunung yang masih aktif ini.

Setelah dari kawah anda bisa melanjutkan ke spot berikutnya yaitu Pasir Berbisik dan Bukit Teletubies yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan spot berfoto.

Harga Tiket Masuk: Rp 32.500,- (Weekend) / Rp 27.500,- (weekday)
Jam Buka: 24jam
Lokasi Maps: Bromo, Jawa Timur (https://goo.gl/maps/EojBTnFop3m)

paket wisata bromo

7. Melihat Kota Batu dari Ketinggian: Omah Kayu Paralayang

Tidak ada yang merugukan lagi kalau bicara tentang wisata di Batu Malang. Banyak sekali tempat wisata di Batu Malang ini yang ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah Omah Kayu Paralayang. Di lokasi ini anda bisa mendapatkan 2 objek wisata sekaligus, yang pertama adalah Omah Kayu dan yang kedua adalah bukit Paralayang.

Omah Kayu adalah salah satu objek wisata yang sudah ada sejak tahun 2014, mengusung konsep back to nature, Omah Kayu menyediakan rumah mini yang berbahan kayu yang menggantung di atas pohon pinus. Omah Kayu mempunyai 6 rumah pohon yang bisa anda sewa untuk menginap di sana. Kapasitas maksimal masing-masing rumah adalah 3 orang. Sangat pas untuk anda yang masih memiliki 1 orang anak atau anda yang ingin mengajak teman dekat anda. Di depan rumah pohon terdapat bangku kayu yang bisa anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati hawa sejuk khas perbukitan dan melihat keindahan kota Batu dari atas ketinggian. Dijamin bakalan ga mau pulang kalo sudah di sini..

Bukit Paralayang merupakan salah satu spot yang berada di samping Omah Kayu. Bukit paralayang biasanya digunakan untuk wisatawan yang ingin merasakan sensasi terbang menggunakan paralayang. Setiap pengunjung yang ingin terbang naik paralayang, dipatok harga Rp 400.000 sekali terbang. Dijamin, sekali terbang anda akan merasa ketagihan karena sensasinya yang luar biasa. Tidak usah khawatir soal keamanan, anda akan didampingi instruktur yang sudah memiliki sertifikat untuk menerbangkan paralayang. Jadi sangat aman sekali.

Harga Tiket Masuk Paralayang/Omah Kayu: Rp 10.000,-
Harga Menginap: RP 350.000 – Rp 450.000/malam
Jam Buka: 24jam
Lokasi Maps: Desa Songgokerto, Kec Batu, Kota Batu. Maps (https://goo.gl/maps/zywfTjEYdao)

lokasi omah kayu batu malang

8. Menikmati Hawa Sejuknya Kebun Teh Wonosari, Singosari

Tepat di lereng gunung Arjuna, terdapat area perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara yang luasnya mencapai 1.144 hektar yang sudah dijadikan sebagai agro wisata dan dibuka untuk umum. Karena berada di lereng gunung Arjuna, kawasan sekitar kebun teh ini sejuk dan sangat tenang.

Di kawasan kebun teh sudah terdapat berbagai fasilitas yang memadai, seperti tempat parker, kamar mandi yang bersih, foodcourt, dan area bermain untuk anak-anak. Di tempat ini anda juga bisa melihat betapa luasnya kebun teh Wonosari ini dengan menaiki kereta wisata yang sudah disediakan oleh pihak manajemen. Selain itu juga terdapat wahana bermain seperti naik kendaraan ATV, naik kuda, dan masih banyak lagi. Tempat ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
Lokasi Maps: Desa Toyomarto, Singosari, Malang, Jawa Timur (https://goo.gl/maps/canHbc6m2rM2)

kebun teh di malang

9. Kebun Bunga dan Wahana Permainan: Taman Wisata Selecta Batu Malang

Bagi orang asli Malang, mungkin Selecta adalah tempat wisata legendaris yang sudah ada di Malang sejak jaman Belanda. Wisata Selecta juga tidak kalah ramai dikunjungi wisatawan jika dibandingkan dengan Jatim Park atau yang lain. Selecta sekarang sudah mengalami banyak sekali penambahan2 fasilitas. Selain taman bunga, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas permainan seperti flying fox, naik kuda, kereta gantung dan lain-lain.

Kawasan Selecta masih memiliki udara yang bersih dan sejuk, karena terletak di dataran tinggi, membuat anda semakin betah berlama-lama di tempat ini.

Harga Tiket Masuk: Rp 35.000,-
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Lokasi Maps: Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu (https://goo.gl/maps/wnDrQ5nj4Y42)

harga tiket masuk selecta malang

10. Wisata Warna Warni Malang di Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung warna-warni Jodipan dulunya merupakan kampung kumuh yang kini berubah menjadi kampung wisata, bersih, tertata dan banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan. Bermula dari inisiatif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang pada saat itu sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa-mahasiswa ini, membuat ide supaya kampung Jodipan yang sudah diplot kampung kumuh, bisa berubah menjadi kampung yang bersih dan disegani masyarakat.

Banyak sekali yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke kampung Warna-warni Jodipan. Di sana terdapat spot foto yang unik-unik seperti jembatan kaca, lukisan 3D, balai paying dan masih banyak lagi. Khusus untuk jembatan kaca, ini diklaim merupakan jembatan kaca pertama di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Kampung Warna-warni: Rp 3000,-
Harga Tiket Masuk Kampung Tridi: Rp 3000,-
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Lokasi Maps: Gang 1 Jodipan, Kesatrian, Kota Malang (https://goo.gl/maps/ahCVUBG9hJu)

harga tiket masuk kampung warna warni malang

11. Mengeksplor Pantai Malang Selatan

Hampir sekitar 2 tahun ke belakang ini, pamor wisata ke pantai Malang Selatan semakin meningkat. Tidak bisa dipungkiri, pantai-pantai di Malang selatan memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai di Bali.

Puluhan pantai telah dibuka untuk umum semenjak jalur lintas selatan di buka. Walaupun memiliki pemandangan yang indah, pantai di Malang selatan tetap perlu diwaspadai karena beberapa pantai memiliki karakteristik ombak yang cukup besar. Dari sekian pantai di Malang selatan, berikut kami berikan sedikit referensi pantai di Malang selatan.

11.1 Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang baru dibuka belum lama ini di Malang Selatan. Pantai Batu Bengkung berlokasi tidak jauh dari pantai Balekambang yang sudah terlebih dahulu terkenal. Pantai Batu Bengkung memiliki karekteristik pantai berpasir putih dengan banyak batuan karang di bibir pantainya. Ketika surut, pantai ini akan berbentuk kolam air dengan batas di pinggirnya adalah batuan karang. Sangat pas untuk berenang karena tidak ada ombak yang datang. Airnya sangat jernih dan berwarna biru, menambah keindahan pantai ini. Namun, anda harus tetap waspada dengan kondisi pantai pada saat anda berkunjung di pantai Batu Bengkung.

Pantai ini juga cocok dijadikan ground untuk camping, karena bibir pantainya sangat berbentuk landai. Untuk fasilitas seperti toilet, kamar mandi, tempat ibadah dan warung pun sudah ada di area sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk: Rp 7.500,-
Jam Buka: 24 jam
Lokasi Maps: Jalur Lintas Selatan, Gagahrejo, Gedangan, Kab. Malang (https://goo.gl/maps/bx9qgdJYwy42)

lokasi pantai batu bengkung malang

 

11.2 Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan pantai yang lebih dulu terkenal dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Malang selatan. Pantai Balekambang, selain memiliki pemandangan pantai yang sangat indah, fasilitas umum yang disediakan di area pantai juga tergolong paling lengkap. Tempat parkir yang luas, pilihan rumah makan yang banyak, mushola, kamar mandi, gubug-gubug untuk berteduh, area bermain anak, dan masih banyak lagi.

Pantai ini memiliki bibir pantai yang sangat panjang, terbentang dari ujung barat hingga timur. Di sini juga terdapat jembatan kecil yang menghubungkan dari bibir pantai ke pulau kecil di dekat pantai yang terdapat pura yang biasa digunakan untuk beribadah masyarakat hindu di sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Jam Buka: 24 jam
Lokasi Maps: Kec Gedangan, Kab Malang (https://goo.gl/maps/RLpvzgFAJa42)

harga tiket masuk pantai balekambang

11.3 Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara juga merupakan salah satu pantai di Malang Selatan yang tergolong masih baru. Pantai ini termasuk pantai yang masih alami dan memiliki air yang sangat jernih. Pasir pantai nya pun sangat putih bersih. Sangat cocok untuk bermain air di pinggir pantai ini.

Pantai teluk Asmara dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya, yang menambah keindahan pantai ini jika dilihat dari atas bukit. Pantai ini tergolong masih sepi, karena memang belum banyak orang yang tahu keberadaan pantai ini, jika anda datang ke pantai teluk Asmara, serasa pantai ini adalah milik anda sendiri.

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Jam Buka: 24jam
Lokasi Maps: Desa Sitiarjo, Sumbermajing Wetan, Kab Malang (https://goo.gl/maps/et2eXv2vwkv)

lokasi pantai teluk asmara malang

11.4 Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina adalah sebuah pantai yang berlokasi di pesisir pantai Malang Selatan yang ramai dikunjungi di akhir pekan dan hari libur. Pantai ini memiliki pasir putih dan batu karang yang sangat indah dipandang mata. Pantai Goa Cina sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Pantai Goa Cina juga memiliki ombak yang tidak begitu besar. Jadi tidak usah khawatir jika ingin mengajak anak-anak bermain air di pinggir laut. Namun begitu, tetap waspada dengan kondisi alam dengan menanyakan langsung kepada pihak keamanan pantai.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Jam Buka: 24jam
Lokasi Maps: Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang (https://goo.gl/maps/QigpbmqBPVz)

lokasi pantai goa cina malang

12. Indahnya Pemandangan Bawah Air: Sumber Air di Malang Raya

Banyak sekali sumber air di Malang yang masih alami dan memiliki pemandangan bawah air yang sangat cantik. Tidak hanya 1 lokasi wisata sumber air yang ada di Malang tapi ada 3 tempat yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi bersama keluarga atau teman di akhir pekan. Berikut ulasannya.

12.1 Sumber Maron Gondanglegi, Malang

Sumber Maron adalah salah satu wisata air yang cukup terkenal di Malang. Tempat wisata yang satu ini tergolong masih alami. Namun sudah ramai pengunjung jika hari libur tiba. Sumber Maron sangat cocok untuk liburan keluarga. Orang Dewasa dan anak-anak bisa menikmati semua fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola. Anda bisa bermain air dengan ban bekas, berenang atau hanya sekedar melihat keindahan alam wisata Sumber Maron

Harga Tiket Masuk Dewasa: Rp 3.000,-
Harga Tiket Masuk Anak-anak: Rp 2.000,-
Sewa Ban: Rp 5.000,-
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Lokasi Maps: Karangsuko, Gondanglegi (https://goo.gl/maps/dZmkkvyQYDu)

lokasi sumber maron malang

12.2 Sumber Sirah Gondanglegi, Malang

Sumber Sirah merupakan wisata air yang masih alami setelah Sumber Maron. Sumber Sirah menawarkan sensasi berenang di bawah air dengan pemandangan bawah air yang sangat cantik. Tumbuhan-tumbuhan air seperti ganggang hijau tumbuh subur di bawah permukaan air sumber SIrah. Anda bisa menggunakan kaca mata renang untuk melihat lebih jelas keindahan bawah air Sumber Sirah.

Dan yang paling penting jangan lupa untuk mengabadikan foto bawah air anda dengan kamera under water yang wajib dibawa ketika berkunjung ke tempat ini. Selain berenang, di Sumber Sirah anda juga bisa menikmati area bermain air bersama keluarga dengan menggunakan ban bekas. Air nya sangat jernih dan ketinggiannya hanya sekitar 50-120m. Sangat aman untuk area bermain anak usia 10 tahun ke atas.

Harga Tiket Masuk: Rp 3000,-
Jam Buka: 05.00 – 19.00 WIB
Lokasi Maps: Desa Putukrejo, Gondanglegi (https://goo.gl/maps/R5qCMN2XE7p)

lokasi sumber sirah malang

12.3 Sumber Air Kalireco, Lawang, Malang

Sumber Air Kalireco sebetulnya merupakan sebuah tempat pemandian alami yang sudah dibangun kolam yang air nya berasal dari sumber air yang alami. Latar belakang kolam sumber air Kalireco juga berupa tebing berlumut hijau yang memiliki beberapa pancuran yang mengalir cukup deras mengisi kolam. Ketinggian kolam yang hanya 1 meter, membuat anda bisa menikmati sensasi berendam di kolam alam dengan air yang super jernih. Kolam air alami ini sangat aman untuk segala usia.

Tempat ini dibuka 24 jam, namun waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi atau sore hari.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Jam Buka: 24jam
Lokasi Maps: Desa Kalireco, Kec Lawang, Kab Malang (https://goo.gl/maps/sYYnKEEcoWz)

harga tiket masuk pemandian kalireco lawang

13. Merasakan Keindahnya Air Terjun di Malang

Kondisi alam di Malang yang sangat unik dan beragam, membuat kita tidak sulit untuk memilih destinasi wisata alam yang kita inginkan. Air terjun merupakan, salah satu jenis wisata alam di Malang yang bisa menjadi alternative pilihan untuk anda kunjungi. Berikut kami berikan rekomendasi 3 objek wisata alam air terjun di Malang yang bisa anda kunjungi

13.1 Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo adalah salah satu air terjun yang berada di Malang. Tepatnya berada di desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Air terjun ini sudah lama terkenal sebagai destinasi wisata alam di Malang. Akses jalannya juga cukup mudah untuk dilalui oleh semua jenis kendaraan.

Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84m, udara di sekitar kawasan air terjun masih tergolong sejuk dan pemandangan yang masih alami. Sumber air terjun berasal dari lereng gunung Kawi yaitu mata air Cemoro Mudo. Debit air yang dialirkan lumayan deras bisa mencapai 150 liter/detik.

Mulai sekarang ini, jika anda berkunjung ke air Terjun Coban Rondo, anda juga bisa bisa menikmati fasilitas wahana di labirin, Shooting Target dll.

Harga Tiket Masuk: Rp 35.000,-
Jam Buka Wisata: 06.00 – 17.00 WIB
Lokasi Maps: desa Pandesari, Kec Pujon, Kab Malang (https://goo.gl/maps/ZruxX18c1HT2)

lokasi coban rondo malang

13.2 Air Terjun Coban Putri

Air Terjun Coban Putri merupakan air terjun yang juga menjadi salah satu destinasi wisata alam di Batu yang kini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun di Coban Putri memiliki ketinggian sekitar 20 meter saja, namun mengalir air yang sangat jernih melewati celah-celah bebatuan tebing yang sangat tinggi. Air terjun Coban Putri memiliki beberapa spot favorite untuk berfoto, antara lain jembatan bambu dengan latar belakang air terjun yang cantik, ada lagi ayunan kayu, gardu pandang berbentuk tangan yang terbuat dari akar-akar pohon sangat unik sekali bukan.

Selain penjelasan di atas, di kawasan air terjun Coban Putri juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet dan warung-warung sederhana yang berdiri di sepanjang rute perjalanan ke air terjun.

Harga Tiket Masuk: Rp 8.000,-
Jam Buka Wisata: 09.00 – 17.00 WIB
Lokasi Maps: Oro-oro Ombo, Kota Batu (https://goo.gl/maps/DomFukYzTT72)

harga tiket coban putri

13.3 Coban Tumpak Sewu

Air terjun Niagara ada di Jawa Timur.. Mungkin ada yang aneh dengan pernyataan tersebut. Ya air terjun Niagara sejatinya berada di Amerika Serikat, nah yang dimaksud dengan air terjun Niagara di Jawa TImur adalah air terjun Tumpak Sewu yang berada di perbatasan kabupaten Malang dan Lumajang. Kenapa air terjun Tumpak Sewu disebut dengan air terjun Niagara, bukan tidak lain karena air terjun Tumpak Sewu memiliki beberapa sumber air terjun yang mengalir secara bersamaan membentuk setengah lingkaran.

Di sekeliling air terjun merupakan kawasan yang masih alami, hijau dan memiliki udara yang sangat sejuk. Jika datang kesini anda bisa berfoto dari atas sehingga terlihat jelas indahnya pemandangan air terjun Tumpak Sewu ini. Namun, jika anda penasaran ingin turun ke bawah, anda harus menyiapkan tenaga ekstra karena harus menuruni jurang setinggi 120m. Tempat wisata alam yang satu ini sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang menyukai alam dan tantangan tentunya.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Lokasi Maps:
1. Desa Sidomulyo, Kec Pronojiwo, Kab Lumajang
2. Desa Sidorenggo, Kec Ampelgading
(https://goo.gl/maps/QtYjUMdiwFs)

harga tiket masuk coban tumpak sewu

13.4 Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun Coban Pelangi adalah salah satu air terjun yang cukup unik, karena dapat menampilkan pelangi pada air yang jatuh ke bawah. Pelangi ini muncul setiap jam 10.00 pagi hingga jam 14.00 siang saat matahari mulai meninggi. Hal itu bisa terjadi karena percikan air yang jatuh ke bawah disinari cahaya matahari yang datang sehingga akan membentuk sebuah pelangi dengan berbagai macam warna. Pelangi tersebut akan hilang seiring matahari mulai tenggelam pada sore hari.

Air terjun Coban Pelangi memiliki udara yang masih sejuk karena disekelilingnya masih terdapat pohon-pohon yang hijau. Untuk bisa masuk ke area air terjun, anda harus berjalan menuruni tebing setinggi kurang lebih 30m. Anda harus berhati-hati karena jalannya agak terjal.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Jam Buka: 07.00 – 16.00 WIB
Lokasi Maps: Desa Ngadas, Kec Poncokusumo, Kab Malang (https://goo.gl/maps/SA7y6DNmxHy)

harga tiket masuk coban pelangi malang

13.5 Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang juga sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan local maupun mancanegara. Air terjun Madakaripura berlokasi tidak jauh dari gunung Bromo. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian kurang lebih 200m. Untuk bisa sampai di lokasi air terjun, anda harus menyusuri jalan berupa sungai-sungai kecil, celah tebing-tebing yang sempit, dan air terjun kecil yang mengalir dari tebing-tebing yang tinggi. Kami sarankan anda untuk memakai jas hujan atau membawa paying jika tidak ingin basah sebelum sampai di lokasi air terjun.

Sampai di lokasi air terjun anda akan terkagum-kagum dengan keindahan air terjun Madakaripura yang menjulang tinggi dengan debit air yang mengalir sangat deras. Anda bisa mendekat ke area air terjun, namun tetap harus waspada dengan kondisi alam pada saat itu untuk keselamatan anda dan pengunjung yang lain. Jika tidak memungkinkan untuk mendekat ke area air terjun, kami sarankan cukup untuk melihat dari kejauhan saja.

Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Jam Buka: 24 jam
Lokasi Maps: Desa Negororejo, Kec Lumbang, Kab Probolinggo (https://goo.gl/maps/1ZcF1iFeR672)

lokasi air terjun madakaripura bromo

13.6 Air Terjun Sumber Pitu, Pujon

Wisata Air terjun yang keenam yang ada di Malang, adalah air terjun Sumber Pitu yang terletak di kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Air terjun Sumber pitu memiliki kemiripan dengan air terjun Tumpak Sewu yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Air terjun Sumber Pitu memiliki 7 sumber air utama yang menjadikan air terjun ini dinamakan air terjun Sumber Pitu. Masing-masing air terjun yang berjumlah 7 tadi, mengalir pada tebing yang sama dan memiliki jarak yang tidak begitu jauh satu dengan yang lain. Sehingga jika dilihat dari kejauhan air terjun ini nampak berjumlah 7 air terjun yang mengalir secara bersamaan.

Untuk akses masuk ke area air terjun, anda harus berjalan kaki melewati medan yang cukup terjal dan curam. Diharapkan pengunjung agar selalu berhati-hati karena kondisi tanah yang tidak rata dan licin. Namun, perjalanan yang melelahkan itu akan terbayar dengan pemandangan di sekitar yang sangat asri dan udara yang sejuk diiringi suara gemercik air terjun yang tak pernah berhenti mengalir ke menerpa bumi.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Parkir: Rp 5.000,-
Jam Buka: 24 jam
Lokasi Maps: Desa Pujon Kidul, Kec Pujon, Kab Malang (https://goo.gl/maps/YQuFFpZcQZw)

14. Wisata Kuliner dan Tempat Nongkrong di Malang

Untuk urusan kuliner, Malang memang menjadi icon di Jawa Timur. Banyak sekali pilihan kuliner yang bisa anda jajal untuk memanjakan lidah anda ketika berkunjung ke kota ini. Malang memiliki beranekaragam jenis kuliner, mulai dari makanan berat hingga jajanan, baik tradisional maupun yang modern. Nah berikut ini akan kami berikan beberapa tempat wisata kuliner di Malang dan tempat nongkrong di Malang yang sedang hits di tahun 2018 ini.

14.1 Ice Cream Toko Oen yang Legendaris

Toko Oen adalah salah satu warisan wisata kuliner yang masih berdiri di Kota Malang. Toko yang dulunya hanya menjual macam ice cream ini memang wisata kuliner di Malang yang paling dicari wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Toko Oen berdiri sejak tahun 1930, sampai sekarang masih mempertahankan model bangunan yang klasik. Ketika anda masuk ke dalam, anda akan disambut tulisan berbahasa belanda “Welkom in Malang, Toko Oen Die Sinds 1930 …” yang artinya Selamat Datang di Malang, Toko Oen Berdiri sejak 1930…

Di dalam took Oen, juga tertata rapi kursi-kursi berbahan rotan dan meja bertaplak kotak-kotak merah yang sangat jadul. Menu favorite di Toko Oen adalah Corn Ice Cream yang lembut dan makyus tentunya. Selain hidangan ice cream, anda juga bisa menikmati beberapa menu makanan berat dari local Indonesia seperti nasi goring hingga menu western seperti steak.

Lokasi Maps: Jalan Basuki Rahmat No.5, Kota Malang (https://goo.gl/maps/eZJzsXNfDqo)
Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB
Rate Harga: Rp 10.000,- hingga Rp 80.000,-

menu toko oen malang

14.2 Orem-orem Arema

Jika anda pecinta masakah tradisional, Orem-orem adalah salah satu menu yang wajib anda masukkan dalam list. Ya, Orem-orem merupakan makanan khas Malang yang sampai sekarang masih ada. Orem-orem Arema adalah salah satu warung yang menjual makanan yang sederhana ini. Orem orem masakan khas Malang berbahan dasar irisan tempe goring dan ayam yang dimasak bersama kuah santal yang kental. Penyajiannya dengan irisan ketupat yang ditaburi tauge, tempe, telor rebus, kuah santan dan bawang goreng.

Anda yang sedang berkunjung ke kota Malang, wajib mencicipi kuliner khas Malang ini karena di kota lain dipastikan tidak ada yang menjual.

Lokasi Maps: Jalan Blitar No. 14, Kota Malang (https://goo.gl/maps/TFBdzoyNPzy)
Jam Buka: 09.30 – 16.30 WIB
Rate Harga: Rp 7.000,- hingga 12.000,-

kuliner khas malang orem-orem

14.3 Bukit Delight

Nah ini kalo yang satu ini adalah tempat nongkrong di Malang yang sekarang ini menjadi hits di kalangan anak muda. Mengusung konsep alam, tempat ini menyajikan suasana yang berbeda dengan kebanyakan café. Di dalam anda akan duduk dikelilingi oleh pohon jati yang saling berdekatan dan lampu-lampu yang menghiasi area sekitar café.

Menu yang ditawarkan juga beraneka ragam, ada menu minuman, makanan ringan hingga makanan berat. Baik menu tradisional hingga western juga ada di sini. Selain bisa menikmati makanan yang disajikan, anda juga bisa berfoto mengabadikan suasana yang sangat cantik di sini, dengan gemerlapnya lampu-lampu. Anda bisa mengajak teman, keluarga, maupun pasangan anda untuk ke café ini.

Lokasi Maps: Jl Raya Joyoagung No.1, Kota Malang (https://goo.gl/maps/2AavKWNdisC2)
Jam Buka: 18.00 – 24.00 WIB
Rate Harga: Rp 8.000,- hingga Rp 20.000,-

wisata kuliner malang bukit delight

14.4 Bakso President

Bakso merupakan wisata kuliner khas Malang. Bakso Malang sudah terkenal dan tersebar di seluruh Indonesia. Nah, jika anda berkunjung ke Malang, kami sarankan jangan melewatkan untuk mecicipi bakso President. Bakso President memiliki keunikan sendiri diantara bakso-bakso yang lain di Malang. Bakso President terletak di pinggir rel di belakang hotel Savanna.

Sensasi makan bakso di pinggir rel dan ketika ada kereta lewat, menambah asyik suasana makan bakso khas Malang ini. Ini adalah satu-satunya yang ada di Malang. Selain sensasinya, bakso President juga memiliki cita rasa bakso yang khas. Di sini menyediakan bakso kuah lengkap dengan tahu dan gorengan dan juga bakso bakar. Kami sarankan anda makan di sini pada sore hari, karena suasananya yang tidak terlalu panas dan pada saat itu ada jadwal kereta yang lewat.

Lokasi Maps: Jalan Batanghari, No.5, Malang (https://goo.gl/maps/92jxB6x8jvH2)
Jam Buka: 08.00 – 09.30 WIB
Rate Harga: Rp 1000,- hingga Rp 31.000,-

wisata kuliner bakso president

15. Waterpark Terbesar di Jawa Timur: Hawai Waterpark Malang

Hawai Waterpark beridiri sejak tahun 2015 dan mengklaim menjadi waterpark yang terbesar di Jawa Timur. Hawai Waterpark beridiri di lahan seluas 28.000 meter persegi dan memilki berbagai macam wahana permainan air yang sangat lengkap. Wahana yang paling dicari pengunjung adalah kolam tsunami. Kolam Tsunami merupakan kolam yang bisa membuat ombak buatan secara otomatis yang sangat besar. Ombak tersebut akan menggulung tinggi, menerjang pengunjung yang sudah siap-siap di area sekitar kolam. Sangat seru bukan.. Oh ya, khusus untuk kolam tsunami hanya diperbolehkan bagi pengunjung dewasa yang bisa berenang. Yang tidak bisa berenang disarankan tidak masuk ke dalam kolam.

Selain wahana kolam tsunami juga terdapat wahana lain seperti Hawai Water House, Mavi Island, Waimea, Stream River dan masih banyak lagi. Di dalam lokasi wisata juga sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar ganti, kamar mandi, toilet, foodcourt, safety jacket, ban pelampung dan area bersantai. Tempat ini sangat kami rekomendasikan untuk anda pecinta wisata air waterpark.

Harga Tiket Masuk: Rp 100.000,- (weekend) / Rp 75.000,- (weekday)
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB (Weekend) / 10.00 – 16.00 WIB (Weekday)
Lokasi Maps: Jalan Griya Kencana Raya, Malang (https://goo.gl/maps/A8V5erGjy4J2)

harga tiket masuk hawai water park malang

16. Agrowisata di Malang

Malang merupakan surganya wisata di Jawa Timur. Malang juga dikenal sebagai kota apel. Di wilayah Malang ada beberapa objek wisata alam yang dibuat untuk tujuan edukasi. Salah satunya adalah agrowisata. Ada beberapa pilihan agrowisata di Malang, mulai petik apel hingga petik madu. Mari kita simak ulasan berikut

16.1 Wisata Peti Apel di Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata merupakan salah satu penyedia tempat wisata petik apel di kota Batu. Sebenernya ada banyak lokasi kebun apel yang menyebar di beberapa lokasi di Kota Batu yang dikelola oleh para petani, namun kebun apel di Kusuma Agrowisata ini yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Di Kusuma Agrowisata anda tidak hanya bisa memetik buah apel namun ada buah lain yang juga bisa anda petik seperti jeruk, strawberry, buah naga. Sangat mengasyikkan bukan..

Selain petik buah, di Kusuma Agrowisata juga menyediakan beberapa fasilitas bermain anak seperti naik ATV berkeliling di kawasan sekitar kebun, dan war games / paintball. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000,- anda bisa menikmati sensasi bagaimana memetic buah langsung dari pohonnya.

Harga Tiket Masuk: start Rp 50.000,-
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Lokasi Maps: Jalan Abdul Gani Atas (https://goo.gl/maps/YzKV6yTVLp52)

petik apel kusuma agrowisata

16.2 Wisata Petik Jeruk

Malang memang identik dengan apel, namun ternyata juga ada wisata agro petik jeruk yang berlokasi di Desa Selorejo, Kec Dau Malang. Setidaknya ada 3 jenis jeruk yang ada di kebun ini, antara lain jenis baby jawa, baby Valencia, batu limal. Namun wisata petik jeruk ini hanya buka pada musim panen jeruk tiba, yaitu antara bulan Juli hingga September saja.

Buah Jeruk yang sudah matang dan siap petik akan terlihat menguning. Warnanya kontras dengan daunnya. Hanya dengan tiket masuk Rp 20.000,- anda sudah bisa merasakan manis dan segarnya jeruk langsung dari pohonnya.

Harga Tiket Masuk: Rp 20.000,-
Jam Buka: 08.00 – 15.00 WIB
Lokasi Maps: Jalan Watugede, Desa Selorejo, Kec Dau Malang (https://goo.gl/maps/NbETKUqWLb82)

lokasi petik jeruk di malang

16.3 Wisata Petik Strawbery

Dengan suhu udara yang sejuk, kawasan kota Batu sangat cocok untuk tumbuhan seperti strawberry. Di Straberry Highland, terdapat kebun strawberry yang cukup luas. Kebun ini dibuka untuk umum sejak beberapa tahun lalu. Semenjak dibuka hingga saat ini kebun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Buah strawberry sendiri memang menjadi buah favorite untuk semua kalangan, baik dewasa maupun anak-anak.

Di Kebun strawberry Highland ini jenis buah strawberry yang ditanam adalah jenis California. Jenis ini merupakan jenis buah strawberry yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, rasanya manis agak sedikit asam. Di kebun strawberry ini sudah sudah disediakan berbagai macam fasilitas, seperti tempat parkir yang luas, toilet, dan foodcourt.

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000,-
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Lokasi Maps: Desa Pandesari, Pujon Malang (Dekat dekat kawasan wisata paralayang) (https://goo.gl/maps/eUttL6nNQot)

lokasi wisata petik strawberry batu malang

16.4 Wisata Petik Madu

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa di Malang ada objek wisata agro petik madu. Ya petik madu. Di objek wisata ini anda akan diajak untuk mengenal beberapa jenis lebah yang dapat menghasilkan madu. Di sini juga anda bisa belajar bagaimana cara memanen madu dari sarang lebah. Untuk tiket masuk objek wisata petik madu ini gratis alias tidak dipungut biaya. Namun jika anda ingin membawa pulang madu hasil dari produksi tempat ini, anda bisa membeli madu tersebut dalam kemasan botol. Harganya juga cukup terjangkau sekitar Rp 75.000, – botol

Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 08.00 – 15.00 WIB
Lokasi Maps: Jl Dr. Wahidin No. 8, Kec Lawang, Malang (https://goo.gl/maps/o464jbMZHHk)

lokasi wisata petik madu malang

17. Kebun Bunga Matahari dan Peternakan Kuda Megastar

Kalian yang belum tau, ternyata terdapat kebun bunga Matahari di kota Batu lho, yang hits dikalangan anak muda. Pengunjung yang datang ke objek wisata ini, tidak lain tidak bukan adalah mengabadikan foto di area kebun bunga matahari. Kita tahu bunga matahari tidak selalu mekar sepanjang tahun, jadi ketika Bunga matahari di kebun ini pas waktunya mekar, tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Masih satu lokasi dengan kebun bunga matahari, terdapat area peternakan kuda Megastar. Peternakan kuda ini juga mengusung konsep wisata, di mana pengunjung boleh melihat-lihat kuda-kuda yang dipelihara di sini. Selain itu anda juga mencoba naik kuda berkeliling area peternakan, tentunya didampingi oleh instruktur. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh dewasa maupun anak-anak.

Harga Tiket Masuk: Rp 25.000,-
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
Lokasi Maps: Jalan Oro-oro Ombo, Batu (https://goo.gl/maps/PguEFgiwANr)

kebun bunga matahari malang

18. Wisata Religi di Malang: Masjid Tiban Turen

Jika anda suka dengan wisata religi, terutama anda yang beragama Islam. Masjid Tiban Turen Malang mungkin bisa menjadi referensi wisata religi anda ketika berkunjung ke Malang. Masjid Tiban Turen ini termasuk masjid yang unik, mitosnya masjid ini konon dibangun oleh Jin, karena masjid ini berdiri dibangun dalam waktu 1 malam saja dengan akses jalan masuk ke area masjid yang tidak terlalu luas. Namun ketika dikonfirmasi kepada pihak terkait, cerita tersebut tidak benar, faktanya masjid ini dibangun oleh santri dan penduduk setempat.

Di dalam area masjid Tiban ini, tidak hanya digunakan untuk tempat ibadah tapi juga digunakan untuk tempat tinggal, pondok pesantren, toko, kantin dan lain-lain. Jadi, bangunan dari luar memang terlihat seperti masjid yang besar, namun masjid yang sejatinya digunakan sebagai tempat ibadah sholat, berada di kawasan pondok pesantren yang juga berada di dalam bangunan ini. Oh ya, ketika anda berkunjung ke masjid tiban, harap berpakaian yang sopan dan menutup aurat ya..

Harga Tiket Masuk: Sumbangan seikhlasnya
Jam Buka: 24 jam
Lokasi Maps: Desa Sananrejo, Kec Turen Malang (https://goo.gl/maps/CX2b3smyRHy)

lokasi masjid tiban turen malang
19. Puncaknya Para Dewa: Mahameru Gunung Semeru & Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung Semeru terletak berdekatan dengan gunung Bromo, yaitu di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Banyak sekali pendaki yang memiliki cita-cita untuk bisa menaklukkan gunung dengan puncak tertinggi di pulau Jawa ini. Puncak Mahameru, begitu sebutan puncak gunung Semeru ini, memberikan keindahan yang luar biasa bagi para pendaki yang mampu mencapai pada puncak tertinggi gunung semeru. Kurang lebih 3676mdpl ketinggian yang harus anda lewati untuk bisa mencapai puncak gunung Semeru. Bagaimana, apakah anda siap??

Tak perlu khawatir, bagi anda yang belum bisa mencapai puncak mahameru, sebelum pos terakhir anda bisa camping di Ranu Kumbolo, yang merupakan spot camping terbaik di gunung Semeru. Di Ranukumbolo anda bisa menikmati danau di atas ketinggian 2389mdpl dengan air yang jernih dan latar belakang yang indah luar biasa. Anda juga bisa menikmati sunrise yang sangat indah di Ranukumbolo. Para pendaki tidak usah ragu lagi, gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa yang mempunyai pemandangan yang sangat eksotis, luar biasa…

Harga Tiket Masuk:
– Pendaki Domestik: Rp 17.500 (Weekday) / Rp 22.500 (Weekend)
– Pendaki Mancanegara: Rp 210.000 (Weekday) / Rp 310.000 (Weekend)
Jam Buka: 24jam
Cara booking pendakianhttps://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/ 
Lokasi Maps: Gunung Semeru, Jawa Timur (https://goo.gl/maps/Y1DznRaPQHG2)

jalur perjalanan menuju ranu kumbolo semeru

Hfyuh.. Akhirnya selesai juga ulasan lengkap tempat wisata Malang yang Terbaru dan Hits Tahun 2018 ala Ongis Travel. Semoga informasi yang sudah kami bagikan kepada anda, bisa bermanfaat untuk anda yang ingin berlibur di Malang. Kami menjamin, jika anda wisata ke Malang tidak bakal rugi, karena begitu lengkap dan beragamnya destinasi wisata di Malang untuk sekarang ini. Terimakasih…