Hotel sudah menjadi bagian dari kegiatan liburan. Termasuk saat berwisata ke Malang. Tak perlu bingung mencari tempat istirahat yang sesuai dengan selera dan budget. Jika ingin liburanmu ke menjadi lebih berkesan, mengapa tidak memilih hotel yang tak biasa? Di bawah ini ada deretan di yang masih beroperasi hingga kini. Cocok nih untuk tempat menginap dan berburu foto karena modelnya yang abis. Catat ya.

1. Niagara Hotel

Hotel Niagara Lawang

Hotel Niagara Lawang [source]

 

Jika melakukan perjalanan dari Surabaya ke Malang dengan jalur darat, pasti melewati Hotel Niagara yang mencolok dengan bangunan bergaya Eropa klasik dan cantik yang berwarna pink. Hotel Niagara ini sudah berdiri sejak tahun 1918. Bangunan cantik ini adalah karya dari Fritz Joseph Pinedo, seorang arsitektur berdarah Brazil yang tinggal di Indonesia pada masa pendudukan Belanda. Meski terdiri dari lima lantai, namun yang dioperasikan hanya sampai lantai 3. Hampir semua kamar-kamar di Hotel Niagara menggunakan kamar mandi luar. Meski terkenal dengan cerita horornya, namun banyak juga yang mengaku takjub dengan keindahan arsitekturnya yang merupakan gabungan dari gaya Belanda, Brazil, dan Tiongkok yang sangat cantik.

Kamar di Hotel Niagara

Kamar di Hotel Niagara [source]

2. Hotel Pelangi

Hotel Pelangi

Hotel Pelangi [source]

 

Hotel Pelangi yang berada di Jalan Merdeka Selatan No.3, Kauman, Klojen, Malang ternyata sudah ada sejak tahun 1916. Dulunya bangunan ini bernama Hotel Palace, kemudian sempat berganti nama lagi menjadi Hotel Asoma pada zaman pendudukan Jepang. Namun, setelah diambil alih oleh pengusaha asal Banjarmasin sekitar tahun 1953 namanya berganti menjadi Hotel Pelangi. Hingga kini hotel ini masih mempertahankan model bangunan aslinya yang bergaya Belanda. Hotel ini berada di dekat Alun-alun Malang. Pilihan yang tepat untuk tempat menginap saat berwisata ke Malang dan ingin menjelajah kota. Tarif hotel ini adalah 500 ribuan rupiah untuk semalam.

Kolam di Hotel Pelangi Malang

Kolam di Hotel Pelangi Malang [source]

3. Hotel Kartika Wijaya

Hotel Kartika Wijaya

Hotel Kartika Wijaya [source]

 

Yang tak kalah klasik adalah Hotel Kartika Wijaya yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman No.127, Pesanggrahan, Batu. Hotel ini dirancang oleh arsitek Belanda pada tahun 1891-an. Dengan menginap di hotel ini, kamu bisa menikmati pemandangan berupa Gunung Panderman. Selama beristirahat pun, kamu akan dimanjakan dengan gaya hotel yang klasik dan indah. Restoran yang disediakan pun langsung bersebelahan dengan kolam renang. Kamu bisa menyantap sarapan pagi dengan panorama indah khas pegunungan. Hotel Kartika Wijaya memasang tarif sekitar 500 ribuan untuk semalam.

Kamar di Hotel Kartika Wijaya

Kamar di Hotel Kartika Wijaya [source]

4. Splendid Inn

Splendid Inn Malang

Splendid Inn Malang [source]

 

Hotel tua di Malang yang masih beroperasi dan menerima tamu hingga saat ini adalah Splendid Inn. Hotel ini berada di Jalan Majapahit No.4, Kauman, Klojen, Kota Malang. Lokasinya berada di dekat Stasiun Kota Malang dan Tugu. Hotel ini sudah melayani tamu-tamu yang berkunjung ke Malang sejak tahun 1973 lalu. Gaya arsitektur dan perabotan yang digunakan di dalam hotel ini semuanya jadul dan vintage abis. Hampir tidak ada hal-hal modern yang disuguhkan dari hotel ini. Jika tujuanmu menginap adalah untuk bernostalgia dengan rasa-rasa Malang tempo dulu, ini adalah pilihan hotel yang tepat. Tarifnya pun sangat murah, untuk semalam saja Splendid Inn mematok tarif sekitar 250 ribu rupiah.

Splendid Inn

Splendid Inn [source]

 

Seru banget kan kalau bisa menginap sambil bernostalgia tentang kota Malang jaman dulu. Agar tidak salah pilih hotel, serahkan urusan wisata Malang pada travel agen kesayangan, Ongis Travel. Pastikan untuk menyampaikan selera liburan yang kamu inginkan, ya. Dijamin anti kecewa. Sudah siap menjelajah Malang?