Malang, tempat wisata yang satu ini memang tergolong baru untuk wisata Malang.ย Kurang lebih baru 1,5 tahun dibuka untuk umum setelah mengalami penambahan fasilitas. Tempatย wisata merupakan wisata air berupa sumber air yang masih alami. Air nya sangat jernih sampai-sampai kita bisa melihat pemandangan bawah airnya.

Asal Nama Sumber Sira

Menurut cerita, nama Sumber Sira itu sendiri berasal dari nama seseorang warga setempat yang pertama kali menemukan sumber air ini, yaitu bernama mbah Sira. Hingga akhirnya nama sumber air ini dinamakan Sumber Sira.

Apa yang bisa dilakukan di Sumber Sira ?

Terkenal karena kejernihan air nya yang hijau bening, hingga dasar air nya pun keliatan jika dilihat dengan kasat mata. Warna hijau disebabkan oleh ganggang-ganggang yang tumbuh di bawah air sumber air tersebut. Tentu saja dengan kejernihan air Sumber Sira, kegiatan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Jika anda berkunjung ke Sumber Sira anda disarankan membawa alat seperti kacamata, supaya anda bisa melihat dengan jelas keindahan ganggang hijau yang tumbuh subur di dasar air. Namun Anda juga harus hati-hati ketika berenang / di Sumber Sira, jangan sampai menginjak-nginjak atau merusak tumbuhan ganggang hijau. Suasana di sekitar juga masih alami dengan pepohonan yang tumbuh rimbun.

Fasilitas di Sumber Sira

Untuk fasilitas, diakui memang masih banyak kekurangan. Toilet dan ruang ganti pun juga masih sulit untuk ditemukan. Hal ini tidak lepas karena sumber Sira sampai saat ini masih digunakan untuk kegiatan warga seperti pengairan sawah atau mandi. Namun, di Sumber Sira sudah ada beberapa warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

Tiket masuk Sumber Sira

Untuk tiket masuk Sumber Sira masih tergolong murah dan sangat terjangkau. Anda cukup mengeluarkan Rp 2000 untuk parkir motor dan Rp 5000 untuk parkir mobil. Untuk persewaan ban juga cukup murah mulai Rp 5000.

Rute perjalanan menuju Sumber Sira

Jika berangkat dari Kota Malang, anda langsung mengambil arah ke selatan menuju Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Sesampainya di pabrik Pioneer anda akan menemui petunjuk arah ke kanan menuju arah Sumber Sira. Ikuti petunjuk arah yang ada hingga anda menemukan lokasi Sumber Sira.

wisata malang sumber sira malang

Sumber Sira Malang

wisata malang sumber sira

Foto Bawah Air Sumber Sira Malang