Batu Love Garden merupakan destinasi wisata di Batu yang terletak di Jln.Raya Pandanrejo No.91. Kec. Bumaji,Kota Batu, Jawa Timur. Objek wisata ini memiliki luas sekitar 7 hektar, milik Jatim Park Group. Wisata ini biasa di sebut dengan Baloga. Singkatan dari Batu Love Garden di kawasan ini terdapat berbagai macam jenis bunga sekitar 600 jenis bunga yang bervariasi dan adapun bunga-bunga berasal dari luar negri loh. Tempat wisata ini di bangun secara outdoor dan indoor, untuk di wilayah indoor bunganya di buat menjadi replika sedangkan untuk outdoor di hiasi dengan beragam bunga-bunga. Baloga merupakan destinasi edukasi buah-buahan,sayuran, dan beragam jenis bunga yang di buka pada tanggal 19 Desember 2020 tahun lalu.

Di tempat ini wisatawan akan banyak belajar tentang keunikan dan beragam tanaman, serta jika kalian berkunjung pasti kalian tidak akan melupan tentang membudidayakan tumbuhan dan sadar akan pembelajaran bercocok tanam, belajar tentang pelatihan-pelatihan dan edukasi tentang kultur jaringan sangat penting. Destinasi ini sangat cocok bagi kalian yang suka berfoto karena di tempat ini menyediakan spot foto yang sangat banyak dan astetik. Selain itu Batu Love Garden menyiapkan beraneka ragam bunga warna warni yang sangat cantik. Anda merasakan udara sejuk dan kebersihan di destinasi ini sangat terjaga. Jadi bagi kalian yang ingin refresing dan ingin berlibur tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghilangkan stres dan penat.

Di samping itu adapun sisi positif didirikannya Batu Love Garden yaitu mewujudkan kesempatan masyarakat sekitar untuk membudidayakan hasil pertanian mereka. Tak hanya itu sisi positif untuk memberikan pengalaman bagi wisatawan bahwa Indonesia juga bisa berkembang dengan adanya Destinasi Batu Love Garden ini. Di samping itu Batu Love Garden merupakan kawsan asri untuk di kunjungi dan menjadi destinasi yang di perbincangkan di Media Sosial karena keunikan serta Pelestariannya.

Baloga sangat berperan penting bagi dunia pariwisata dan pertanian di karenakan destinasi ini sangat penting untuk wisatawan tahu bagaimana sadar akan alam dan perawatan tumbuh-tumbuhan. Tak hanya itu wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk di tambah kalian bisa meliahat pemandangan Gunung Arjuno dengan sangat jelas dan banyak spot foto yang unik banget hasil keterampilan dari masyarakat sekitar untuk kalian kunjungi bareng keluarga, teman-teman dan pacar kalian. Selain itu wisata ini menyediakan wahana dan area yang sangat seru untuk kalian dapat belajar di antaranya yaitu;

Zona Fresh Flower

Area ini adalah tempat pertama yang Anda akan lewati setelah memasuki gerbang Baloga. Di area ini seperti pelagi Anda akan terpesona dengan beragam bunga asli warna-warni . Sangat memanjakan mata pengunjung, dan serasa Anda ingin tinggal di tempat tersebut. Di sini kalian bisa berfoto dan selfie sepuasnya.

Hortikultura Area Dan Hidroponik

Zona-Hidroponic-Aquaponic-Batu-Love-Garden

Holtikultura merupakan salah satu motode untuk membudidayan pembibitan, produksi tanaman, pengemasan, panen, dan distribusi. Tak hanya itu tanaman ini memiliki banyak manfaat. Jika kalian ingin belajar bercocok tanam area ini cocok untuk kalian kunjungi. Tanaman ini bisa kalian budidayakan di rumah kalian yaitu; Tanaman cabai, Tomat, Sayur sawi, Kangkung, dan Lidah buaya. Selain itu tanaman Holtikular ini memiliki banyak manfaat.

Bonsai Corner

Bonsai Corner merupakan area tanaman bonsai yang beragam mulai dari ukuran dan bentuknya yang unik. Selain itu di area ini Anda bisa melihat bagaimana tanaman bonsai ini tumbuh dan cara perawatannya. Bagi kalian pecinta tanaman bonsai wajib banget datang ke sini melihat budidaya tanaman bonsai.

Rumah Kupu-Kupu (Education & Exhibition)

Rumah Kupu-kupu merupakan area yang paling sering di kunjungi wisatawan. Karena di area ini kalian bisa belajar tentang perkembangan kupu-kupu. Anda juga akan melihat perkembang biakan dari menjadi ulat hingga berubah menjadi kupu-kupu. Nah di area ini banyak jenis kupu-kupu yang Anda bisa lihat dan kalian bisa memegang kupu-kupu tersebut. Selain melihat kupu-kupu kalian juga bisa memasuki kelas untuk belajar melihat berbagai macam serangga.

Tropical Fruit

Tropical Fruit Garden merupakan area dengan berbagai jenis tanaman buah-buahan tropis. Di sini menyediakan fasilitas E-bike yang tak membuat Anda capek untuk berjalan kaki. Untuk yang single seat harga sewanya sekitar Rp. 100.000/3 jam dan Rp. 200.000/ 3 jam untuk yang double seat, kalian bisa menikmati dengan udara yang asri dan santai untuk bersepeda.

De’Orchid Terrace Cafe

Selain tanaman dan tumbuhan di Batu Love Garden ini menyediakan cafe. Kalian bisa menikmati makanan dan minuman, dengan nuansa tanaman Angrek loh. Dan terdapat ragam jenis angrek yaitu angrek bulan, angrek hartina dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa membawa pulang untuk oleh-oleh, tetapi di bayar yah.

Ruang Kelas Praktikum

Ruang kelas Praktikum menyediakan pelatihan untuk pengunjung, kelas ini biusa muat untuk 45 orang lebih tetapi dengan adanya pandemi ruang kelasnya di bagi dua saja dengan daya tampung pada umumnya. Adapun pelatihan yang Anda dapat di kelas ini adalah:

  • Budidaya Tumbuhan jamur
  • Cara Budidaya Tanaman Angrek
  • Cara Bercocok Tanam
  • Membuat Aquascape
  • Karangan bunga
  • Membuat tanaman Bonsai
  • Edukasi tentang kultur jaringan

Bagaimana, Klaian tertarik bukan? Mempelajari semua yang belum pernah Anda ketahui mulai dari bercocok tanam dan membudidayakan tanaman hias serta sayuran dan gratis loh. Buruan rancangkan liburanmu sambil belajar tentang tumbuhan dan tanaman.

Walang Green House

Walang Green House merupakan Green House yang berbentuk raksasa di area ini terdapat berbagai koleksi tanaman. Mulai dari jenis Karnivora, Kaktus yang berukuran besar dan macam-macam deh. Selain itu kalian wajib foto di tempat ini, jangan sampai terlewatkan karena spot foto yang paling bagus di tempat ini di luar area Walang Gren House.

Dried Flower

Dried Flower merupakan area dengan beragam koleksi bunga-bunga hidup yang sangat cantik dan astetik banget. Biasanya bunga ini akan mengering tetapi tetap terlihat subur dan sangat jarang kalian lihat di Indonesia. Di sinilah kita bisa melihat dengan jelas seperti apa bunga-bunga itu. Setiap seminggu sekali bunga-bunga di sini di ganti jadi jangan bingung jika bunga tersebut terlihat fresh. Nah di sini juga tersedia spot foto untuk selfie.

Artifical Flower

Selain Bunga hidup ada juga bunga tiruan di area ini. Kalian bisa melihat bunga tiruan yang berupa pajangan dan dekorasi rumah maupun di ruangan-ruangan khusus. Di sini kalian bisa melihat kerajinan karya penduduk setempat. Jika kalian suka dengan hiasan maupun dekorasi tempat ini menjadi salah satu pilihan.

Taman Gaya

Di kawasan ini mempunyai banyak Rumah-rumah yang di bangun dengan arsitektur dari empat Negara yaitu; Amerika, Jepang, Spanyol dan Yunani dan bangunan ini sama persisnya. Cocok buat kalian yang ingin mengambil spot foto dengan nuansa sperti berada di Luar Negri.

Harga Tiket Masuk Batu Love Garden

Untuk kalian yang ingin mengunjungi wisata ini, kalian harus tahu harga tiket saat berkunjung ke tempat ini. Jangan khawatir harga tiketnya sangat terjangkau dan gak sia-sia deh untuk datang ke tempat ini. Berikut harga tiket Batu Love Garden yaitu;

Harga Tiket Weekday : yaitu, Rp. 60.000/Orang
Harga Tiket Weekend : yaitu, Rp. 90.000/Orang
Camel Ride : yaitu, Rp. 20.000/Orang

Harga tiket masuk dapat berubah sesuai situasi dan kondisi. Jika kalian ingin memesan tiket sebaiknya di tanyakan dulu oleh pihak yang bertanggung jawab.

Jam Operasional

Perlu anda ketahui untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus tau jam operasionalnya. Jika kalian ingin menanyakan sesuatu kalian bisa menghubungi nomor yang tertera di bawah ini;

Jam Operasional : Setiap Hari Pukul 08.00 hingga Pukul 16.30 WIB
Telpon : (0341) 532888

Fasilitas

Adapun fasilitas yang telah di sediakan di tempat ini, jadi jangan khawatir jika ingin berkunjung ke sini. Jangan khawatir, protokol kesehatan tetap berjalan kok di ini, dan jika Anda masuk di destinasi ini Anda harus memakai masker. Di sini juga bisa menjadi tempat untuk foto Preweding dangan harga Rp. 2.500.000, Selain itu banyak rumah-rumah kecil dengan ala jepang, amerika, dan spanyol sangat menarik untuk di jadikan spot foto. Berikut beberapa fasilitasnya yaitu;

Cafe
Toilet
Wahana
Mesjid
Tempat edukasi
Area parkir

Akses Lokasi

Lokasi wisata taman baloga ini sangat mudah, berlokasi di Kota batu untuk kesini jaraknya dari Kota Malang sekitar 20 km dan dapat di tempuh dengan waktu 40 menit mengguanakan sepeda motor dan Jika Anda menggunakan mobil jarak tempuhnya sekitar 1 jam. Anda akan melewati destinasi-destinasi yang ada di Kota Batu yaitu; Jatim park 1,2 dan 3, Alun-alun kota batu, Museum Angkut, dan masih banyak lagi.

Destinasi Ini sangat cocok untuk kalian yang ingin belajar sambil jalan-jalan, destinasi ini juga terinspirasi dari negara Dubai. Selain itu wisata ini sangat baik untuk anak-anak usia dini yang ingin mengenal tentang tumbuhan dan tanaman. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi ini pada saat bulan Juli dan akhir Desember, di saat musim liburan tentunya memiliki susana yang berbeda dari hari-hari biasanya. Jangan ragukan untuk spot foto di sini sangat banyak dan instagramebel banget. Banyak wisatawan yang mengincar tempat ini di karenakan destinasi ini memiliki banyak manfaat baik dalam segi Budidaya maupun Pertanian.

Bagi kalian yang sangat tertarik dengan adanya destinasi ini, sangat baik untuk perkembangan destinasi ini kedepannya karena memiliki nilai plus tersendiri untuk di kunjungi. Yang perlu kita ketahui bahwa destinasi ini membuat masyarakat sekitar terlibat langsung dalam perawatan dan budidaya tanaman dan tumbuh-tumbuhan. Jadi tak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi ini. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa tiket masuk tidak include dengan berbagai wahana yang ada di dalam sesaui dengan apa yang Anda inginkan. Jadi saat berkunjung sebaiknya di tanyakan dahulu.

Bagi kalian yang penasaran jangan lewatkan untuk mengunjungi taman ini bareng keluarga kamu, teman, dan sahabat. Jadi sekiranya dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga pandemi ini cepat berlalu agar kalian bisa mengeksplor destinasi di Kota Batu dan waktunya untuk merancangkan liburanmu setelah PPKM bersama Ongis Travel