Saat Kamu sedang traveling di Malang, menjaga kesehatan sangat diperlukan. Yups, salah satu caranya adalah dengan sarapan. Mengeksplore keindahan Malang harus dengan tenaga yang maksimal. Soalnya, banyak juga objek wisata Malang yang memerlukan energi besar seperti mendaki gunung untuk berburu sunrise dan sunset.

Maka dari itu, isilah perutmu sebelum menjelajah tempat-tempat kece di Malang. Butuh rekomendasi tempat sarapan murah dan rame di Malang? Ya deh, apa sih yang nggak buat Kamu. Sila simak informasi tempat sarapan murah dan rame yang bikin cacing di perutmu nggak demo lagi!

1. Pecel Madiun Dekat MTS Surya Buana

Nggak bisa dipungkiri, pesona pecel untuk dijadikan menu sarapan memang begitu besar. menu yang sering disebut dengan salad-nya orang Jawa ini memang enaknya kebangetan. Di Malang sendiri, ada satu warung pecel yang selalu ramai pelanggan. Letaknya ada di MTS Surya Buana atau di belakang pasar swalayan Sardo.

Bedanya, pecel yang disajikan adalah pecel Madiun. Kamu akan merasakan betapa endeus-nya aneka sayuran rebus seperti kacang panjang, daun singkong, bunga turi, kenikir, bayam, dan daun pepaya yang dipadukan dengan saus kacang nan manis gurih.

Karena ramai banget, Kamu harus mengantre cukup lama. Jadi, sebaiknya, datang sebelum pukul 05.00 pagi, ya!

pecel jalan simpang gajayana malang

Instagram.com/@handoko_sm

2. Orem-Orem Arema

Orem-orem? Menu apaan, sih? Ini menu khas Malang berupa ketupat, tauge, dan ayam telur yang melibatkan potongan tempe. Sekilas, Kamu akan mengira menu ini adalah ketupat sayur.

Nah, salah satu warung yang menyajikan orem-orem adalah Orem-Orem Arema. Warung ini legend, lho! Soalnya, sudah berdiri sejak 1955. Tempat ini ada di dekat Universitas Negeri Malang, sehingga selalu ramai pelanggan. Yah, karena dekat dengan kampus, sudah pasti harganya sesuai dengan kantong mahasiswa.

Orem-orem Arema bisa Kamu nikmati hanya dengan biaya sebesar Rp 7.000 sampai Rp. 15.000 setiap porsinya. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 14.00. Waktu yang pas untuk sarapan.

orem-orem arema malang

Instagram.com/@brojajan

3. Bubur Ayam Agus

Bubur ayam masih menjadi menu favorit untuk sarapan. Di Malang, Kamu bisa menemukan bubur ayam bercita rasa lembut dan premium. Yups, Bubur Ayam Agus namanya. Lokasi warung ini ada di Ruko Simpang Wilis serta buka setiap hari Selasa sampai Minggu.

Ciri khas yang membedakan bubur ayam Agus dengan bubur ayam lainnya adalah adanya daging ayam dan kuning telur setengah matang pada penyajiannya. Ada juga topping saus jamur yang bisa Kamu pesan di tempat ini.

Kelezatan bubur ayam Agus membuatnya sudah habis menjelang pukul 09.00. Makanya, kalau Kamu ingin sarapan bubur di sini, sebaiknya standby pada jam buka yaitu 07.30 pagi.

bubur ayam agus malang

Instagram.com/@meyfanggg

4. Depot Hok Lay

Di Malang ada juga menu sarapan khas peranakan Tionghoa. Namanya Depot Hok Lay yang sudah dibangun sejak tahun 1937. Kamu wajib banget mencoba beberapa menu yang tersedia seperti cwie mie dan lumpia. Nggak usah takut dengan isi dompet, soalnya, Kamu sudah bisa menjajal aneka menu sarapan mulai dari Rp. 12.000 per porsinya.

Cwie mie yang disajikan depot ini mempunyai ciri khas berupa irisan daging ayam cincang halus yang disajikan dengan taburan bawang goreng. Mie-nya juga lebih tipis ketimbang mie pada umumnya. Sedangkan lumpianya memiliki tekstur yang lembut di lidah dan disajikan dengan saus tomat, bawang, dan selada.

Satu lagi yang khas dari Depot Hok Lay ini, yaitu susu sapi campur cokelat bernama Es Froso. Nah, ingin mencicipi Cwie Mie, lumpia, dan Es Froso? Datang saja ke Jalan KH. Achmad Dahlan No. 10 yang dekat dengan Malang Plaza. Sila datang pukul 09.00 sampai 13.30 untuk sarapan enak di Malang.

depot hok lay malang

Instagram.com/@yosacy

5. Depot Rawon Nguling

Nggak lengkap rasanya kalau ke Malang tanpa mencicipi rawon. Makanan khas Jawa Timur ini cocok banget untuk dijadikan menu sarapan sebelum Kamu mulai eksplore Malang lebih lanjut. Tempat ini mangkal di Jalan Zainu Arifin atau Kidul Dalem. Nah, bedanya rawon di Depot Rawon Nguling dengan di tempat lain adalah karena porsi daging yang melimpah serta disediakan pula teman makan lain yang enak. Seperti perkedel, tempe, babat, dan juga paru.

Harga satu porsi rawonnya cukup membuat dompet tersenyum, yaitu Rp. 14.000, sementara menu rawon dhengkul spesial dihargai Rp. 35.000. Disarankan banget buat Kamu yang penasaran dengan rasa rawon di tempat ini untuk datang pukul 10.00 sampai 11.00.

Rawon Nguling di Malang

Rawon Nguling di Malang

6. Nasi Buk Madura

Meskipun asalnya dari Madura, tapi nasi buk tetap mudah ditemui di Malang. Penyajian dari nasi buk serupa dengan nasi campur, yaitu ditambahkan dengan sayur lodeh, serundeng, dendeng manis, empal atau jeroan, serta sambal yang rasanya nampol abis.

Resep nasi buk Madura ini sudah turun temurun sejak masa lampau, sehingga rasanya klasik banget. Salah satu tempat untuk sarapan nasi buk di Malang adalah Nasi Buk Gang Semarang di Jalan Kidul Dalem. Untuk menikmati satu porsi nasi buk, Kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000 saja.

nasi bug matira

Instagram.com/@thebiggerchef

7. Bubur Abah Odil

Satu lagi rekomendasi bubur ayam yang endeus di Kota Malang. Rasa bubur ayam di tempat Abah Odil ini cukup ringan dan tidak terlalu banyak kuah. Namun, yang paling menarik adalah ragam lauk yang berlimpah seperti rempela ati, sate puyuh, dan ayam yang dicincang tipis-tipis.

Letak warung Bubur Abah Odil ada di Ruko Soekarno-Hatta, Jalan Soekarno-Hatta. Warung ini buka pukul 06.00 sampai 12.00. Tempat ini jadi salah satu tempat untuk sarapan yang paling banyak diburu. Ini karena harga satu porsi buburnya yang cukup murah yaitu Rp. 8.000 sampai Rp. 20.000.

bubur abah odil

Instagram.com/@amazingmalangeats

8. Rawon Brintik Bu Napsiah

Warung rawon lain yang sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk sarapan adalah Rawon Brintik Bu Napsiah. Serunya makan di sini adalah lokasi yang dekat dengan pusat kota dan menggunakan daging ayam kampung untuk melengkapi menunya. terdapat juga tambahan toge pada menu nasi yang lezat ini.

Alamat waung ini ada di Jalan KH. Achmad Dahlan 39, sehingga banyak pekerja kantoran yang selalu menyempatkan waktu menikmati rawon di tempat ini. Warung ini sudah ramai bahkan sejak jam 05.00 pagi. Kamu hanya membutuhkan uang sebesar Rp 20 ribu untuk menikmati rasa rawon khas Jawa Timur ini.

rawon brintik malang

Instagram.com/@yulindanunggalaa

Yuk, berwisata kuliner di Malang. Percayakan liburanmu selama di Malang pada Ongis Travel. Kami akan membuat Kamu merasakan sensasi berpetualang di Malang selama beberapa hari dengan mengunjungi tempat seru dan indah. Pun, merasakan sarapan pagi di tempat-tempat yang sudah dibahas tadi.

Nah, tunggu apa lagi, Kami akan sangat senang menunggu telepon darimu untuk segera bergabung. Jangan tanggung-tanggung, ajak teman-teman, keluarga, dan pacarmu untuk ke Malang bersama Ongis Travel.