Liburan Musim Pancaroba

5 Tips Liburan Musim Pancaroba Agar Selalu Menyenangkan dan Seru

Apa cuaca di sekitar Anda saat ini mudah berubah? sekarang panas, setelah itu hujan. Hal ini seharusnya tidak mengganggu rencana liburan Anda, simak tips liburan musim pancaroba ini.

Sebelum itu, tahukah Anda kapan waktu musim pancaroba terjadi? Menurut BMKG, khusus wilayah pulau Jawa, awal musim hujan sudah mulai sejak bulan Oktober 2023 lalu.

Adapun puncaknya ada di antara bulan Desember hingga Februari 2024. Meskipun begitu, hingga menginjak pertengahan tahun, kondisi cuaca masih bisa berubah-ubah. 

Bagi Anda yang sudah membuat rencana liburan untuk tahun ini, jangan khawatir. Anda tetap bisa pergi berlibur dalam kondisi musim pancaroba seperti ini. Berikut beberapa tipsnya:

Tips Liburan Musim Pancaroba

Musim pancaroba merupakan musim peralihan, dari musim kemarau menjadi musim hujan atau sebaliknya. Kondisinya mudah dikenali, ketika hari ini hujan, besok bisa sangat cerah sekali.

Perubahan cuaca seperti ini tidak akan merubah rencana liburan Anda, jika Anda tahu tips liburan di musim pancaroba yang benar. Berikut ulasannya:

Barang yang Wajib Dibawa

Ketika hendak berlibur dalam kondisi cuaca tidak menentu, maka pertimbangkan untuk membawa barang yang diperlukan.

Khawatir cuaca akan panas, Anda bisa membawa kipas angin portable yang praktis. Jika cuaca sedang hujan, maka jas hujan berbahan tipis sebaiknya Anda bawa dalam tas.

Kedua barang tersebut wajib dibawa sebagai persiapan menghadapi musim pancaroba. Selain praktis, liburan Anda tetap akan nyaman dan menyenangkan.

Pakaian yang Digunakan

Selain kedua barang tadi, tips liburan musim pancaroba berikutnya adalah memperhatikan pakaian yang digunakan.

Saat musim panas, sebenarnya Anda bisa mengenakan baju sehari-hari yang nyaman. Namun, saat musim hujan, cuaca akan berubah menjadi lebih dingin.

Anda bisa membawa pakaian yang nyaman digunakan di berbagai kondisi cuaca. Jangan lupa juga untuk membawa jaket atau sweater, agar saat musim hujan, Anda tidak kedinginan.

Tentukan Lokasi Wisata

Bagaimana jadinya, jika cuaca sedang hujan, tetapi Anda sudah berencana liburan ke pantai? Dalam hal ini, penting untuk menentukan lokasi tujuan wisata yang tepat.

Namun, karena musim pancaroba tidak bisa diprediksi, Anda bisa melakukan deteksi cuaca sebelumnya.

Beberapa tools di internet bisa digunakan untuk memprediksi cuaca dengan cukup akurat. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan tujuan wisata yang tepat.

Hindari untuk pergi berlibur ke pantai atau kawasan pegunungan, jika sedang musim hujan. Anda bisa memilih wisata taman indoor agar bisa lebih terlindungi.

Membuat Itinerary Cadangan

Namanya juga cuaca, tidak bisa kita prediksi sendiri dengan tepat. Tips liburan di musim pancaroba berikutnya adalah membuat itinerary cadangan.

Mungkin itinerary yang telah Anda buat sebelumnya adalah untuk musim panas. Nah, coba buat itinerary cadangan untuk liburan musim hujan.

Dengan begitu, saat Anda tidak bisa melakukan aktifitas liburan di musim panas, Anda tetap bisa berlibur sesuai itnerary cadangan tadi.

Jika masih bingung membuat rencana perjalanan, Anda sebaiknya pergi berlibur menggunakan jasa travel agent, seperti Ongistravel. Tinggal pilih tujuan wisatanya, itinerary sudah termasuk di dalamnya.

Makan-makanan Bergizi

Musim pancaroba juga identik dengan musim berbagai penyakit. Dalam hal ini, Anda wajib menjaga kesehatan dengan selalu makan-makanan bergizi dan bernutrisi.

Dengan begitu, imun Anda akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit seperti flu dan influenza misalnya. Jika sedang sakit, bagaimana bisa berangkat liburan, bukan?

Liburan Bersama Jasa Travel Agent

Jika Anda berencana liburan ke wilayah Jawa Timur, sebaiknya menggunakan jasa travel agent terpercaya dan profesional seperti Ongistravel.

Meskipun dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, Anda tetap bisa liburan tanpa repot dan khawatir selama perjalanan ke lokasi wisata.

Sambil rebahan, Anda tinggal browsing website Ongistravel dan pilih tujuan wisata yang diinginkan di Jawa Timur. Yuk, booking sekarang untuk mendapatkan promo terbaiknya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *