Rekomendasi Wisata Kaliurang Jogja

6 Wisata Kaliurang Jogja yang Nyaman dan Low Budget untuk 1 Hari

Anda hanya punya waktu 1 hari di Jogja? Tenang saja, karena ada beberapa tempat wisata Kaliurang Jogja yang bisa dikunjungi seharian, dengan nyaman dan cukup terjangkau.

Bagi Anda yang baru pertama kali ke Jogja, pasti sering mendengar kawasan Kaliurang. Kawasan ini merupakan sebuah area wisata yang ada di kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jadi, di kawasan ini terdapat beberapa tempat wisata Jogja populer yang direkomendasikan. Beberapa di antaranya adalah wisata alam Kaliurang yang indah, nyaman, dan terjangkau.

Jika Anda kebetulan sedang berlibur di Jogja, namun hanya memiliki waktu 1 hari saja untuk explore, berikut ini beberapa tempat wisata Kaliurang Jogja yang bisa dikunjungi:

Tempat Wisata Kaliurang Jogja

Berbicara tentang wisata Kaliurang Jogja cukup beragam. Mulai dari wisata alamnya hingga wisata kulinernya yang khas.

Sejak dulu, kawasan ini memang memiliki keindahan alam yang syahdu dan wajib untuk dijelajahi. Meskipun hanya 1 hari saja, berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi:

Kawasan Kaliurang

Nah, jika Anda berlibur ke Jogja dan menuju kawasan Kaliurang, Anda wajib membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket tersebut sekitar Rp 4.000, ditambah Rp 1.000 untuk PMI.

Kemudian, setelah memasuki kawasan ini, Anda dapat menentukan akan melanjutkan wisata ke mana saja di Kaliurang.

Healing ke Nawang Jagad

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi adalah Nawang Jagad. Lokasinya berada di Jl. Nawang Jagad, Kaliurang, Sleman, DIY.

Wisata alam Kaliurang ini sudah buka sejak pukul 8 pagi dan akan tutup pada pukul 4 sore. Untuk weekend, tempat ini akan buka dari pukul 6 pagi dan tutup pada jam 6 sore.

Akses jalan yang mudah ke lokasi ini, membuat banyak orang berkunjung ke sini. Dengan harga tiket Rp 10.000 Anda sudah bisa menikmati suasana alam yang syahdu.

Sebaiknya berkunjung ke sini saat pagi hari. Tujuannya, supaya bisa melihat view Gunung Merapi dengan jelas. Pada siang hari, biasanya kabut sudah turun menutupi gunung tersebut.

Di sini Anda juga bisa piknik ceria bersama keluarga, jelajah alam, berkemah, berfoto dan lain sebagainya.

Nongkrong di Rumah Rasa

Setelah puas menikmati wisata alam di Nawang Jagad, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Rumah Rasa. Tempat ini adalah sebuah kedai kopi populer di kawasan Kaliurang.

Nongkrong sejenak di sini, Anda akan merasa seperti di rumah sendiri. Vibesnya malah seperti berada di Bandung, karena banyak pepohonan, tanaman hijau, dan udaranya cukup sejuk.

Sambil nongkrong dengan adem di bawah pepohonan hijau, Anda bisa memesan beberapa menu favorit. Coba untuk pesan Bitterballen, Cappucino, Matahapan tea, dan Pizza.

Pergi ke Museum Ullen Sentalu

Tidak jauh dari Nawang Jagad, Anda juga bisa berkunjung ke Museum Ullen Sentalu. Anda bisa melakukan tour museum dengan harga tiket Rp. 50.000 per orangnya.

Museum ini banyak menyimpan berbagai mahakarya sejarah dalam bentuk foto dan lukisan. Ada juga beberapa patung arca dari budaya Hindu-Budha.

Jika Anda kurang suka dengan tour museum, Anda tinggal berjalan sedikit menuju ke sebuah tempat estetik yaitu Beukenhof Restaurant.

Dilihat dari arsitektur bangunannya, restoran ini memang sangat aesthetik. Terdapat ruangan indoor dan outdoor untuk makan sambil berfoto di sana.

Lokasinya berada di Jl. Boyong Km. 25, Kaliurang. Beberapa menu andalan yang wajib dicoba seperti nasi goreng omelet, beukenhof lasagna, pina mojito, dan lain-lain. 

Pergi ke Karang Pramuka

Satu hal yang bisa dilakukan dengan seru di sini, oleh siapa saja. Anda bisa bermain sambil naik skuter. Harga  sewa skuter per 30 menit seharga 20.000.

Karang Pramuka sendiri hanya berjarak 1.4 km saja dari restoran Beukeunhof tadi. Tempatnya sangat luas dan banyak pepohonan hijau di sekitarnya.

Tempat ini  memang cocok untuk camping dan bermain bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa ikut camping sambil menyantap barbekyu saat malam hari di sini.

Ngemil Cantik di Warung Ijo Pak Pardi

Malam hari pun tiba, sebelum Anda mengakhiri liburan seharian di Kaliurang, sempatkan untuk ngemil dan ngopi di Warung Ijo Pak Pardi.

Lokasinya berada di Jl. Pramuka, Kaliurang. Letaknya berdekatan dengan tempat kamping dan wisata Karang Pramuka tadi.

Di sini, Anda bisa pesan berbagai cemilan khas Jawa. Mulai dari mendoan, bakwan, mie goreng jawa, kopi kotok tok, teh manis, dan lain-lain. Dengan Rp 50.000 saja sudah bisa kenyang makan di sini.

Pilih Paket Liburan Jogja dari Jasa Travel Terpercaya

Jika sehari saja rasanya tidak cukup untuk eksplore Kaliurang Jogja dan sekitarnya, Anda sebaiknya menambah durasi liburan saja.

Percayakan liburan ke Jogja yang menarik dan seru, kepada jasa travel agent seperti Ongistravel. Kami menyediakan berbagai paket wisata Jogja terbaik untuk Anda.

Tanpa perlu ribet, Anda bahkan bisa memesan jasa travel Kami sambil rebahan. Lakukan browsing di website Kami dan temukan paket wisata Jogja yang cocok untuk Anda.

Booking paketnya segera, dapatkan fasilitas lengkapnya sebelum kehabisan. Yuk, konsultasikan soal rencana liburan wisata Kaliurang Jogja Anda dengan Kami sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *