Pernah mendengar objek wisata Gunung Bromo? Tentu saja nama ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, akhir-akhir ini banyak remaja yang memiliki hobi naik gunung. Tentu saja Gunung Bromo ini menjadi lokasi pendakian yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, lokasi wisata ini juga menawarkan sebuah sajian tradisi yang sangat menarik, yaitu upacara Suku Bromo. Upacara ini tidak boleh Anda lewatkan karena menjadi salah satu objek wisata terfavorit di dunia. Anda sebagai orang Indonesia yang hobi naik gunung setidaknya pernah menyaksikan betapa meriahnya festival atau upacara budaya ini.

Objek wisata ini letaknya sangat strategis, yaitu di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di Jawa Timur. Sesampainya di lokasi pendakian, Anda akan menemukan lautan pasir Gunung Bromo yang menakjubkan, asap putih dari kawah gunung Bromo, dan juga padang savana atau padang rumput hijau yang sangat cantik. Di waktu tertentu, Anda juga bisa ikut menjadi saksi upacara Kasada suku Tengger Bromo. Budaya luhur ini masih dilestarikan hingga sekarang. Masyarakat suku tengger menyebutnya dengan Kasodoan atau upacara Kasodo. Upacara ini sebenarnya merupakan adat masyarakat Tengger yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali, tepatnya saat memasuki bulan Kasada (hitungan bulan menurut suku Tengger) saat hari ke-14. Upacara ini berupa pemberian sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan leluhur suku Tengger (Joko Seger dan Dewi Roro Anteng). Upacara ini dilaksanakan di , yaitu di lautan pasir Gunung Bromo.

Upacara ini dilaksanakan pada tengah malam dan selesai dini hari. Upacara memperingati Hari Raya Kasada ini bertujuan untuk mengangkat tabib atau dukun dari setiap desa di daerah Gunung Bromo. Pada upacara Kasada suku tengger Bromo ini, hasil panen masyarakat berupa sayuran, buah-buahan, dan hewan ternak akan dilemparkan ke kawah Gunung Bromo. Bahkan, ada juga yang sampai melemparkan uang ke kawah tersebut. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan rahmat dari Sang Hyang Widi. Upacara ini adalah upacara khas yang dilakukan suku Tengger untuk menghormati kehidupan. Apakah Anda tertarik untuk menjadi saksi pelaksanaan upacara ini?

Di tahun 2016 ini, upacara ini akan digelar pada akhir Agustus nanti. Dalam hitungan penanggalan Jawa, upacara ini dilaksanakan setiap tanggal 14-15 Syawal. Untuk Anda yang tertarik datang ke upacara tersebut, Anda bisa meluangkan waktu sibuk Anda pada rentang waktu tersebut. Anda tidak akan menyesal memutuskan untuk pergi ke upacara Kasada suku Tengger Bromo. Ada banyak pesan moral yang bisa Anda ambil dari serangkaian upacara yang dilakukan masyarakat Suku Tengger. Demikian sedikit penjelasan mengenai tradisi atau adat khas Suku Tengger. Semoga menambah wawasan Anda.

Bagi anda yang ada rencana berlibur ke Malang Batu dan Bromo, dan ada niat untuk melihat upacara Kasada bisa langsung menghubungi Customer Service kami di 08221 8888236.